Asmoro , Asri (2007) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK MATERI SALING KETERGANTUNGAN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DISERTAI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA SISWA KELAS VII SMP N 3 TRUCUK KLATEN TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF (Halaman Depan)
Hal_sampul.pdf Download (62kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
Abstract
Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) yang disertai Lembar Kerja Siswa (LKS) pada siswa kelas VII SMP N 3 Trucuk, Klaten Tahun Ajaran 2006/2007 yang terdiri dari 4 kelas, VIIA, VIIB, VIIC dan VIID. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu kelas VIIA dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data hasil belajar Biologi siswa diambil dengan menggunakan post-test, observasi baik dengan lembar penelitian maupun catatan lapangan,, dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskritif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III dilengkapi dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan didapat rata -rata hasil belajar siswa sebesar 5,06 dan rata -rata pada siklus I meningkat menjadi 6,00 rata -rata siklus II meningkat menjadi 7,00 dan siklus III meningkat menjadi 7,75. Berdasarkan perhitungan regresi linier menunjukkan bahwa setelah penerapan pendekatan pembelajaran CTL yang disertai LKS pada pembelajaran berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa sebesar 0,30 point atau 30%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran CTL yang disertai LKS dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VII SMP N 3 Trucuk, Klaten Tahun Ajaran 2006/2007 sebesar 0,30 point atau 30%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning, lembar kerja siswa, hasil belajar biologi siswa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 23 Mar 2011 06:10 |
Last Modified: | 23 Mar 2011 06:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10953 |
Actions (login required)
View Item |