Timur, Anggit Widjaya (2006) PENGARUH KESIAPAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 ANDONG BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Cover dan Bab I)
BAB_I.pdf Download (129kB) |
|
PDF (Bab 2 - 3)
BAB_II_DAN_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
||
PDF (bab 4-5)
BAB_IV_DAN_V.PDF Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesiapan belajar dan motivasi belajar secara simultan dan secara parsial terhadap prestasi belajar mid semester mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Andong Boyolali Tahun Pelajaran 2006/2007. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang bermaksud mengambarkan fakta apa adanya dan disertai dengan pengujian hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Andong Boyolali. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Andong Boyolali Tahun Pelajaran 2006/2007 yang terdiri dari dua kelas (XI.IS1 dan XI.IS2) dengan jumlah siswa 80 orang. Sedangkan sampel diambil sebanyak 60 orang siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Data yang dibutuhkan dipereoleh melalui angket yang sebelumnya telah diuji validitasnya dan diuji reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, R2 , Uji F, Uji T dan Sumbangan Relatif dan Sumbangan Efektif. Hasil dari analisis data menunjukan bahwa : (1) Kesiapan belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Andong Boyolali Tahun Pelajaran 2006/2007. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai thitung sebesar 4,289 diterima pada taraf signifikansi 5%. Sumbangan efektif variabel kesiapan belajar terhadap prestasi belajar adalah sebesar 20,8%. (2) Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Andong Boyolali Tahun Pelajaran 2006/2007 . Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai thitung sebesar 5,572 diterima pada taraf signifikansi 5%. Sumbangan efektif variabel motivasi belajar terhadap prestasi belajar adalah sebesar 31,8%. (3) Kesiapan belajar dan motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Andong Boyolali Tahun Pelajaran 2006/2007. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai Fhitung sebesar 31,622 diterima pada taraf signifikansi 5% dengan persamaan regresi: Y = 6,654 + 0,968.X1 + 1,030.X2. variabel kesiapan belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 39,5% dan sumbangan efektif sebesar 20,8% terhadap prestasi belajar. Variabel motivasi belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 60,5% dan sumbangan efektif sebesar 31,8% terhadap prestasi belajar. Secara keseluruhan variabel kesiapan belajar dan motivasi belajar memberikan sumbangan efektif sebesar 52,6% terhadap prestasi belajar siswa. Kata Kunci : Kesiapan Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesiapan Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 18 Mar 2011 09:48 |
Last Modified: | 18 Mar 2011 09:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10905 |
Actions (login required)
View Item |