EKAWATI , ATIEN DEWI (2007) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (full texs)
A410020014.PDF Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
||
|
PDF (bab.1.pustaka)
bab.1.dapus.pdf Download (22kB) |
|
|
PDF (hal.depan)
hal.depan.pdf Download (67kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran matematika dan meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar dengan pendekatan ketrampilan proses. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah. Analisis data secara kualitatif melalui tiga alur. Penelitian ini memberikan hasil berupa 1) Langkah-langkah penerapan pendekatan ketrampilan proses pada pembelajaran matematika kelas IV SD meliputi : a) tingkat mengobservasi, b) tingkat mengklasifikasi, c) tingkat memprediksi, d) tingkat mengukur, e) tingkat menyimpulkan, f) tingkat mengkomunikasikan, 2) Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika mengalami peningkatan sampai 80%, 3) Prestasi belajar siswa dalam matematika mengalami peningkatan sampai 92,5%. Dari data hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pendekatan ketrampilan proses dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | meningkatkan, prestasi-belajar, pembelajaran, pendekatan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 11 Mar 2011 09:55 |
Last Modified: | 11 Mar 2011 09:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10805 |
Actions (login required)
View Item |