UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BERPIKIR KRITIS MELALUI PENGORGANISASIAN TUGAS TERSTRUKTUR DAN KUIS (PTK Pembelajaran Matematika di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta Kelas X Tahun Ajaran 2006/ 2007)

PURWANTI , TIKA AGUSTINA (2007) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BERPIKIR KRITIS MELALUI PENGORGANISASIAN TUGAS TERSTRUKTUR DAN KUIS (PTK Pembelajaran Matematika di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta Kelas X Tahun Ajaran 2006/ 2007). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
cover_depan.pdf

Download (33kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab_1.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab V)
bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas berpikir kritis siswa melalui pengorganisasian tugas terstruktur dan kuis, yang dilihat dari kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal dengan langkah-langkah Polya yaitu: 1) memahami masalah, 2) menyusun rencana, 3) melaksanakan rencana, 4) memeriksa kembali. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas X-2 SMA Muhammadiyah 3 Surakarta yang berjumlah 30 siswa, subyek pelaksanaan tindakan adalah guru SMA kelas X-2 dan subyek yang membantu pelaksanaan adalah peneliti dan Kepala Sekolah. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan persentase dan model alur. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah terjadinya peningkatan aktivitas berpikir kritis siswa melalui pengorganisasian tugas terstruktur dan kuis, yang dilihat dari kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal dengan langkah Polya. Adapun peningkatan persentase kemampuan siswa yang ada yaitu: (a) kemampuan siswa dalam memahami masalah mencapai 93,22%,(b) kemampuan siswa dalam menyusun rencana meningkat mencapai 72,99%, (c) kemampuan siswa dalam melaksanakan rencana meningkat mencapai 66,15%, (d) kemampuan siswa dalam memeriksa kembali meningkat mencapai 57, 64%. Jadi, melalui pengorganisasian tugas terstruktur dan kuis dapat meningkatkan aktivitas berpikir kritis.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, berpikir-kritis, memahami-masalah, tugas-terstruktur, kuis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2011 03:51
Last Modified: 11 Mar 2011 03:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10784

Actions (login required)

View Item View Item