EFEKTIVITAS PERMAINAN MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS III SEKOLAH DASAR

RUSTIANA, AULIA (2007) EFEKTIVITAS PERMAINAN MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS III SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.PDF

Download (33kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
Bab_II_dan_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
Bab_IV_dan_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah permainan matematika dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika pokok bahasan perkalian dan pembagian, untuk mengetahui apakah permainan matematika dapat meminimalisasi kesulitan belajar siswa pada pokok bahasan perkalian dan pembagian dan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang mengalami kesulitan belajar yang menggunakan permainan matematika dengan belajar siswa yang tidak menggunakan permainan matematika.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III semester II SD Negeri Bebel 01 Kabupaten Pekalongan. Banyaknya sampel yang diambil adalah 40 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode test yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa setelah menerima materi yang diberikan.Teknik analisis datanya menggunakan rumus t-tes yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dari perhitungan diperoleh harga thitung = 3,711, sedangkan ttabel =1,96, sehingga terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang mengalami kesulitan belajar yang menggunakan permainan matematika dengan prestasi belajar siswa yang tidak menggunakan permainan matematika. Hal ini juga didukung mean kelompok eksperimen = 6,77 > mean kelompok kontrol = 5,617, maka pemecahan kesulitan belajar berupa permainan matematika dapat meningkatkan prestasi belajar dan meminimalisasi kesulitan belajar siswa pokok bahasan perkalian dan pembagian. Berarti pemecahan kesulitan belajar berupa permainan matematika lebih efektif dibandingkan pengajaran konvensional.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: permainan matematika, prestasi belajar, kesulitan belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Mar 2011 06:30
Last Modified: 09 Mar 2011 06:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10750

Actions (login required)

View Item View Item