RUSTIANA, AULIA (2007) EFEKTIVITAS PERMAINAN MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS III SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.PDF Download (33kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Bab II dan III)
Bab_II_dan_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
PDF (Bab IV dan V)
Bab_IV_dan_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.PDF Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah permainan matematika dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika pokok bahasan perkalian dan pembagian, untuk mengetahui apakah permainan matematika dapat meminimalisasi kesulitan belajar siswa pada pokok bahasan perkalian dan pembagian dan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang mengalami kesulitan belajar yang menggunakan permainan matematika dengan belajar siswa yang tidak menggunakan permainan matematika.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III semester II SD Negeri Bebel 01 Kabupaten Pekalongan. Banyaknya sampel yang diambil adalah 40 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode test yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa setelah menerima materi yang diberikan.Teknik analisis datanya menggunakan rumus t-tes yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dari perhitungan diperoleh harga thitung = 3,711, sedangkan ttabel =1,96, sehingga terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang mengalami kesulitan belajar yang menggunakan permainan matematika dengan prestasi belajar siswa yang tidak menggunakan permainan matematika. Hal ini juga didukung mean kelompok eksperimen = 6,77 > mean kelompok kontrol = 5,617, maka pemecahan kesulitan belajar berupa permainan matematika dapat meningkatkan prestasi belajar dan meminimalisasi kesulitan belajar siswa pokok bahasan perkalian dan pembagian. Berarti pemecahan kesulitan belajar berupa permainan matematika lebih efektif dibandingkan pengajaran konvensional.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | permainan matematika, prestasi belajar, kesulitan belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 09 Mar 2011 06:30 |
Last Modified: | 09 Mar 2011 06:30 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10750 |
Actions (login required)
View Item |