OPTIMALISASI INSTRUKSIONAL MATEMATIKA MELALUI PENGORGANISASIAN TUGAS TERSTRUKTUR DAN KUIS (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP PGRI Gringsing Batang)

KUSWORINI, KUSWORINI (2007) OPTIMALISASI INSTRUKSIONAL MATEMATIKA MELALUI PENGORGANISASIAN TUGAS TERSTRUKTUR DAN KUIS (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP PGRI Gringsing Batang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
a)_Cover.pdf

Download (149kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
b)_Bab_I.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (Bab II)
c)_Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF (Bab III)
d)_Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab IV)
e)_Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] PDF (Bab V)
f)_Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
g)_Daftar_Pustaka.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (651kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pembelajaran matematika melalui pengorganisasian tugas terstruktur dan kuis pada pokok bahasan relasi, pemetaan, dan grafik, (2) peningkatan hasil belajar siswa pada keaktifan siswa, kreativitas siswa, dan kemandirian siswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIB SMP PGRI Gringsing yang berjumlah 44 siswa, subyek pelaksana tindakan adalah guru matematika kelas VIIIB, dan subyek yang membantu pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data secara diskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian tindakan ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan relasi, pemetaan, dan grafik melalui pengorganisasian tugas terstruktur dan kuis. Hasil belajar siswa dibatasi pada keaktifan, kreativitas, dan kemandirian. Keaktifan siswa dalam: (a) mengerjakan tugas meningkat sebesar 40,91%, (b) mengerjakan latihan meningkat sebesar 40,91%, (c) maju ke depan kelas meningkat sebesar 22,73%, (d) bertanya meningkat sebesar 27,28%, (e) mengeluarkan ide/gagasan meningkat sebesar 15,91%. Kreativitas dalam menyusun perencanaan penyelesaian soal meningkat sebesar 15,91%. Kemandirian siswa dalam: (a) mengerjakan tugas meningkat sebesar 27,28%, (b) mengerjakan soal kuis meningkat sebesar 34,09%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Instruksional matematika, Tugas terstruktur,Kuis, Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Mar 2011 03:47
Last Modified: 09 Mar 2011 03:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10732

Actions (login required)

View Item View Item