KUSWORINI, KUSWORINI (2007) OPTIMALISASI INSTRUKSIONAL MATEMATIKA MELALUI PENGORGANISASIAN TUGAS TERSTRUKTUR DAN KUIS (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP PGRI Gringsing Batang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
a)_Cover.pdf Download (149kB) |
|
|
PDF (Bab I)
b)_Bab_I.pdf Download (71kB) |
|
PDF (Bab II)
c)_Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
||
PDF (Bab III)
d)_Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
PDF (Bab IV)
e)_Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) |
||
PDF (Bab V)
f)_Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
g)_Daftar_Pustaka.pdf Download (33kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (651kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pembelajaran matematika melalui pengorganisasian tugas terstruktur dan kuis pada pokok bahasan relasi, pemetaan, dan grafik, (2) peningkatan hasil belajar siswa pada keaktifan siswa, kreativitas siswa, dan kemandirian siswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIB SMP PGRI Gringsing yang berjumlah 44 siswa, subyek pelaksana tindakan adalah guru matematika kelas VIIIB, dan subyek yang membantu pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data secara diskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian tindakan ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan relasi, pemetaan, dan grafik melalui pengorganisasian tugas terstruktur dan kuis. Hasil belajar siswa dibatasi pada keaktifan, kreativitas, dan kemandirian. Keaktifan siswa dalam: (a) mengerjakan tugas meningkat sebesar 40,91%, (b) mengerjakan latihan meningkat sebesar 40,91%, (c) maju ke depan kelas meningkat sebesar 22,73%, (d) bertanya meningkat sebesar 27,28%, (e) mengeluarkan ide/gagasan meningkat sebesar 15,91%. Kreativitas dalam menyusun perencanaan penyelesaian soal meningkat sebesar 15,91%. Kemandirian siswa dalam: (a) mengerjakan tugas meningkat sebesar 27,28%, (b) mengerjakan soal kuis meningkat sebesar 34,09%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instruksional matematika, Tugas terstruktur,Kuis, Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 09 Mar 2011 03:47 |
Last Modified: | 09 Mar 2011 03:47 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10732 |
Actions (login required)
View Item |