NURSALIM, NURSALIM (2005) STUDI TENTANG LATAR BELAKANG SEKOLAH, MOTIVASI BELAJAR DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMU NEGERI ROWOKELE KABUPATEN KEBUMEN. Thesis thesis, UMS.
|
PDF
Nursalim-Bab1.pdf Download (113kB) |
|
PDF
O000010088_Nursalim.pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) |
Abstract
STUDI TENTANG LATAR BELAKANG SEKOLAH, MOTIVASI BELAJAR DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMU NEGERI ROWOKELE KABUPATEN KEBUMEN (2005). Tesis Magister Studi Islam Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta. April 2005 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh latarbelakang sekolah terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam, (2) perbedaan pengaruh motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam dan (3) adanya interaksi antara latarbelakang sekolah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam. Penelitian ini dilaksanakan di SMU Negeri Rowokele Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2002/2003 dengan menggunakan angket dan prestasi belajar semester II. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II terdiri dari empat kelas tiga kelas jurusan IPS dan satu kelas jurusan IPA, kelas yang dijadikan sampling adalah kelas II jurusan IPA. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengetahui latarbelakang sekolah dan motivasi belajar sedangkan dokumentasi tes prestasi belajar untuk mengetahui prestasi belajar pendidikan agama Islam. Tehnik analisis yang digunakan adalah Anava Rancangan Faktorial 2x2 yang dilanjutkan untuk mengetahui perbedaan antara siswa yang berlatarbelakang MTs dan siswa yang berlatar belakang SMP dengan menggunakan taraf signifikansi 5% dan taraf kepercayaan 95%. Setelah diuji dengan Anava ternyata latarbelakang sekolah tidak mempengaruhi prestasi belajar pendidikan agama Islam secara signifikan. Hal ini ditandai dengan perolehan nilai Fhitung = 2,547 dari Ftabel = 4,11 dan motivasi belajar tidak mempengaruhi prestasi belajar pendidikan agama Islam secara signifikan. Hal ini ditandai dengan perolehan nilai Fhitung = 3,803 dari Ftabel pada taraf signifikansi 5 % = 4,11 dan begitu pula pada interaksi latarbelakang sekolah, motivasi belajar dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar tidak ada perbedaan interaksi yang signifikan karena nilai Fhitung = 0,708 dengan taraf kepercayaan 95 % pada db 8 sedangkan harga Ftabel = 4,11 sehingga berlakulah aturan keputusan yang kedua menerima hipotesis nihil Ho jika ternyata Fhitung lebih kecil dari Ftabel. Tidak adanya perbedaan yang signifikan ini disebabkan antara lain: 1. Kurikulum mata pelajaran agama Islam di SMU merupkan kelanjutan dari kurikulum pendidikan agama Islam di SMP bukan kelanjutan dari MTs. 2. Mata pelajaran pendidikan agama Islam tidak termasuk mata pelajaran yang diujikan secara nasional.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LATAR BELAKANG SEKOLAH, MOTIVASI BELAJAR, PRESTASI BELAJAR, PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, SMU NEGERI ROWOKELE KEBUMEN |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pemikiran Islam |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 28 Feb 2011 09:25 |
Last Modified: | 28 Feb 2011 09:25 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10622 |
Actions (login required)
View Item |