Maharani, Bening and , Setiyo Purwanto, S.Psi., M.Si., Psikolog (2022) Motivasi Penggunaan Face Beauty Filters Instagram pada Remaja yang Memiliki Permasalahan Acne Vulgaris. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (592kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (585kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (154kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (176kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) |
Abstract
Saat ini banyak remaja yang memilih untuk menggunakan face beauty filters dari Instagram dengan berbagai alasan di baliknya, sehingga timbul lah motivasi mengapa remaja menggunakan face beauty filters Instagram. Motivasi merupakan suatu dorongan yang timbul karena adanya rangsangan dari dalam dan luar individu yang didukung oleh situasi dan keadaan untuk memenuhi kebutuhannya sehingga mencapai suatu tujuan yang diinginkan. Tujuan penelitian ini sebagai alat untuk mengidentifikasi lebih jauh mengenai manfaat penggunaan face beauty filters pada media sosial Instagram pada remaja yang memiliki permasalahan acne vulgaris dan untuk mengetahui bagaimana motivasi mahasiswa dalam menggunakan filter Instagram sebagai wadah untuk mengekspresikan diri di lingkungan masyarakat terkhususnya pada remaja, serta faktor apa saja yang menyebabkan individu tersebut menggunakan filter Instagram. Informan dalam penelitian ini adalah remaja yang memiliki permasalahan acne vulgaris berusia 17-24 tahun sebanyak 5 orang. Teknik penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan wawancara. Analisis data yang digunakan menggunakan model Miles & Huberman. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat beberapa faktor yang mendasari motivasi informan dalam menggunakan face beauty filters Instagram, seperti informan merasa kurang percaya diri dengan keadaan wajah yang dimilikinya saat ini yang memiliki jerawat dan komedo, informan juga menginginkan wajahnya menjadi lebih cantik dengan menutupi kulit bertekstur atau jerawat yang dimiliki sehingga dapat sesuai dengan “beauty standards” menurut informan dan orang-orang di sekitarnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi, face beauty filters, Instagram, remaja, acne vulgaris |
Subjects: | B Philosophy (General); Religion > BB Psychology > BB1 Social Psychology H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | BENING MAHARANI |
Date Deposited: | 22 Nov 2022 04:09 |
Last Modified: | 22 Nov 2022 04:09 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/105979 |
Actions (login required)
View Item |