Susanti, Tri Aprilia and , Patmisari, S.Pd., M.Pd. (2022) Upaya Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Smk Negeri 9 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (713kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (33kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (116kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
Abstract
Upaya guru PPKn dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yang masih kurang. Sehingga menyebabkan siswa tidak memperhatikan guru dalam menyampaikan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMK Negeri 9 Surakarta, kendala apa saja yang dihadapi guru PPKn saat mengajar di SMK Negeri 9 Surakarta dan solusi yang dilakukan guru dalam meningkatkan Motivasi belajar siswa pada pembelajaran PPKn. Metode penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari wawancara dengan subyek penelitian yaitu guru pendidikan PPKn dan siswa Kelas X dan XI SMK 9 N Surakarta. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan pengisian angket terbuka melalui menulis angket yang digunakan peneliti untuk mengolah informasi menggunakan desain deskriptif analitis dan pengujian data secara triangulasi. Hasil penelitian pertama, upaya yang dilakukan oleh guru PPKn dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dengan memberikan apresiasi pada siswa. Kedua, kendala yang dihadapi guru PPKn dalam meningkatkan motivasi belajar siswa meliputi sedikitnya siswa yang mempunyai hasrat ingin berhasil. Ketiga, solusi yang dilakukan guru PPKn dalam meningkatkan motivasi belajar siswa berupa guru mengharapkan agar siswa mengoptimalkan setiap talenta. Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa 1). Upaya yang dilakukan oleh guru PPKn untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMK N 9 Surakarta terdiri dari beberapa hal, di antaranya: guru memberikan apresiasi positif, guru memberikan pemahaman bahwa pembelajaran PPKn tidak menjelang ujian saja, guru menanyakan kepada siswa terkait cita-cita di masa depan, guru memberikan hadiah pada siswa, guru memberikan video edukasi pembelajaran PPKn. 2). Kendala yang dihadapi guru PPKn dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMK N 9 surakarta seperti; sedikit siswa yang memiliki hasrat untuk berhasil, siswa merasa bahwa pembelajaran PPKn harus wajib menghafalkan, banyak siswa yang mempunyai cita-cita tetapi tidak sesuai dengan realita, siswa sering merasa cemburu dengan siswa lain, guru terkadang kehabisan ide mengenai pembelajaran yang menarik. 3). Solusi guru PPKn dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMK Negeri 9 Surakarta seperti berikut; guru mengharapkan siswa dapat mengoptimalkan setiap talenta, perlunya pembelajaran PPKn agar siswa terdorong dalam belajar, guru mengharapkan agar siswa mempunyai ambisi, guru memberikan apresiasi, penghargaan ke seluruh siswa, guru mengikuti metode pembelajaran yang terus berkembang, dan guru menegur siswa yang membuat onar di dalam kelas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru PPKn, motivasi belajar, dan Pembelajaran PPKn |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | TRI APRILIA SUSANTI |
Date Deposited: | 01 Aug 2022 07:00 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 07:00 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/102158 |
Actions (login required)
View Item |