Erma, Syarifah Rahmawati and -, Prof. Dr. Sutama, M.Pd and -, Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, M.Hum (2022) Pembelajaran Tematik Blended Berbasis Youtube Era Pandemi Covid 19 Di Mim PK Kartasura. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (673kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (682kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (301kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (450kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (422kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) | Request a copy |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (250kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) | Request a copy |
Abstract
Proses pembelajaran merupakan salah satu tahapan penting dalam pembelajaran. Proses pembelajaran perlu ditempuh melalui prosedur yang sistematis dan sistemik. Prosedur pembelajaran merupakan proses yang berurutan dalam membentuk kemampuan siswa sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan. Sehingga, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup pada pembelajaran tematik. Penelitian ini dilaksanakan di MIM PK Kartasura, Jl. Slamet Riyadi No. 80 Kartasura, Sukoharjo, yang terhitung pada bulan Juni 2021 hingga Mei 2022. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru kelas II dan siswa kelas II dengan jumlah 85 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran tematik pada kegiatan pendahuluan diawali dengan guru membuka pelajaran dengan mengucap salam, guru menyapa peserta didik dengan menanyakan kabar, guru mengajak siswa untuk berdo’a muroja’ah dan tahfiz, dan guru melakukan apersepsi. Pada kegiatan inti meliputi; guru memberikan penjelasan materi melalui Youtube, guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya, guru memberi tugas, dan guru memberikan deadline pengiriman tugas. Kegiatan penutup diisi dengan guru memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan pembelajaran yang telah dilakukan dan guru menutup pembelajaran dengan mengucap salam.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran tematik, blended learning, Youtube |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Dasar |
Depositing User: | ERMA SYARIFAH RAHMAWATI |
Date Deposited: | 25 May 2022 02:10 |
Last Modified: | 25 May 2022 02:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/100631 |
Actions (login required)
View Item |