Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Ptk Pada Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP N 1 Ngemplak 2015/ 2016)

Wulan Dari, Dwi Ayu and , Drs. Sumardi,M.Si (2015) Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Ptk Pada Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP N 1 Ngemplak 2015/ 2016). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
ARTIKEL PUBLIKASI.pdf

Download (417kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (463kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Pendekatan penelitian ini adalah merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subyek penelitian ini adalah guru berkolaborasi dengan peneliti sebagai subyek pemberi tindakan, dan siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Ngemplak Boyolali yang berjumlah 34 siswa.Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode alur yang meliputi, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat ditunjukkan melalui indikator pemahaman konsep matematika yang meliputi 1) menyatakan ulang suatu konsep sebelum tindakan (12.12%) dan diakhir tindakan (61.30%); 2) mengklasifikasi objek-objek menurut sifat-sifat tertentu sebelum tindakan (9.09%) dan diakhir tindakan (58.06%); 3) memberi contoh dan non contoh dari konsep sebelum tindakan (18.18%) dan diakhir tindakan (64.52%); 4) menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematika sebelum tindakan (6.06%) dan diakhir tindakan (54.83%). Sedangkan hasil belajar siswa yang hasil belajarnya memenuhi KKM yaitu sebelum tindakan (6.06%) dan diakhir tindakan (58.06%). Sehingga dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman, matematika, problem based learning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username a410110062
Date Deposited: 07 Nov 2015 00:56
Last Modified: 12 Oct 2021 04:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39286

Actions (login required)

View Item View Item