Pengaruh Pendidikan Gizi Dengan Media Buku Saku Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dalam Pemilihan Jajan Anak SD Muhammadiyah 16 Surakarta

Didik Achmadi, Abidin and , Muwakhidah, SKM., M.Kes and , Luluk Ria Rakhma, S.Gz., M.Gizi (2015) Pengaruh Pendidikan Gizi Dengan Media Buku Saku Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dalam Pemilihan Jajan Anak SD Muhammadiyah 16 Surakarta. Diploma thesis, UMS.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
02. Naskah Publikasi.pdf

Download (692kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
03. Halaman Depan.pdf

Download (899kB)
[img] PDF (BAB I)
04. BAB I.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (BAB II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] PDF (BAB III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] PDF (BAB IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] PDF (BAB V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
09. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
10. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN)
01. Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)

Abstract

Latar Belakang: Makanan jajanan memegang peranan yang cukup penting dalam memberikan asupan energi dan zat gizi lain bagi anak-anak usia sekolah. Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan gizi tentang makanan jajanan sehat dengan media buku saku terhadap pengetahuan dalam pemilihan jajanan anak SD Muhammadiyah 16 Surakarta. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment atau eksperimen semu. Adapun pendekatan yang digunakan adalah one group pretest-posttest design, yaitu pada masing-masing kelompok diberikan pre test dan post test. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas 4 SD Muhammadiyah 16 Surakarta yang berjumlah 101 siswa, sedangkan sampel penelitian adalah 46 siswa kelas 4 SD Muhammadiyah 16 Surakarta dengan teknik pengambilan random sampling. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat pengetahuan siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 16 Surakarta tentang pemilihan jajan anak sebelum melakukan pendidikan gizi dengan media buku saku termasuk dalam kategori cukup (63,0%). Tingkat pengetahuan siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 16 Surakarta tentang pemilihan jajan anak sesudah melakukan pendidikan gizi dengan media buku diketahui mengalami peningkatan, sehingga sebagian besar siswa mempunyai pengetahuan yang termasuk dalam kategori cukup (73,9%). Terdapat pengaruh pendidikan gizi tentang makanan jajanan sehat dengan media buku saku terhadap pengetahuan dalam pemilihan jajanan anak SD Muhammadiyah 16 Surakarta (p= 0,021). Kesimpulan: Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh pendidikan gizi tentang makanan jajanan sehat dengan media buku saku terhadap pengetahuan dalam pemilihan jajanan anak SD Muhammadiyah 16 Surakarta. Kata kunci : buku saku, jajanan sehat Kepustakaan : 45 (2000 - 2011)

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pocket books, healthy snacks
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi D3
Depositing User: Abidin Didik A
Date Deposited: 27 Oct 2015 02:23
Last Modified: 15 Sep 2022 06:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38164

Actions (login required)

View Item View Item