Pengaruh Intensitas Komunikasi Keluarga dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 3 Soka Tahun Ajaran 2014/2015

Pratama, Anasta Rohhita and , Ratnasari Diah Utam (2015) Pengaruh Intensitas Komunikasi Keluarga dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 3 Soka Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (302kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (726kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB 1.pdf

Download (170kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
pdf.Surat Pernyataan Publikasi.pdf

Download (506kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas komunikasi keluarga dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas 5 SD Negeri 3 Soka tahun ajaran 2014/2015. Populasi dan sample yang diteliti adalah seluruh siswa kelas 5 SD Negeri 3 Soka. Pengkumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, wawancara dan angket sebagai sumber penelitian. Untuk menguji instrument dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Kemudian dilakukan uji prasyarat anaslisis yang meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Teknik analisis data penelitian ini adalah uji linear berganda, uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis 1 dan 2 atau uji t diperoleh t_(hitung ) sebesar 2,240 dan 2,745 sedangkan t_(tabel ) sebesar 2,052. Pada uji F dengan menghitung hipotesis ke-3 diperoleh Ftabel sebesar 37,511 dan Fhitung sebesar 3,39. Dengan demikian, dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh intensitas komunikasi keluarga dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 3 Soka. Sumbangan Relatif dan Sumbangan Efektif pada intensitas komunikasi keluarga sebesar SR = 44,84% dan SE = 32,95%. Pada disiplin belajar sebesar SR = 51,91% dan SE = 41,09%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa disipli belajar memiliki pengaruh lebih besar terhadap prestasi belajar dibanding intensitas komunikasi keluarga.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: prestasi, belaja intensitas, komunikasi, keluarga. disiplin, belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Anasta Rohhita Pratama
Date Deposited: 06 Aug 2015 02:14
Last Modified: 06 Oct 2021 06:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36156

Actions (login required)

View Item View Item