Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran talking stick tema cita-citaku kelas iv SD Negeri 2 Simo tahun pelajaran 2014/2015

Budi Nugroho, Baktiar and , Drs. Suwarno, SH., M. Pd. (2015) Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran talking stick tema cita-citaku kelas iv SD Negeri 2 Simo tahun pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (417kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
1 halaman awal.pdf

Download (555kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Lampirannn.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi)
Surat Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas dengan rumusan masalah “Apakah metode Pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa tema Cita-citaku kelas IV SD Negri 2 Simo tahun pelajaran 2014/2015?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan Motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Tema Cita-citaku pada siswa kelas IV dengan menggunakan metode pembelajaran Talking Stick. Dalam penelitian tindakan kelas ini subjek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negri 2 Simo yang berjumlah 25 siswa, subjek pelaku tindakanya itu peneliti dan guru. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Tehnik analisis data yang digunakan dengan menggunakan tehnik diskriptif kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Tema Cita-citaku Subtema Aku dan Cita-citaku. Hal ini dapat dilihat dari motivasi siswa kondisi awal 48% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 69,67% dan siklus II sebesar 83,67%. Hasil belajar pada kondisi awal 44% mengalami peningkatan pada siklus I 60 dan 100% pada siklus II. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Tema Cita-citaku kelas IV SD Negri 2 Simo Tahun Pelajaran 2014/2015

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi; hasil belajar; talking stick
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Baktiar Budi Nugroho
Date Deposited: 27 Jul 2015 06:23
Last Modified: 12 Oct 2021 06:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35074

Actions (login required)

View Item View Item