Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Kreativitas Bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/2015

Hendrikawati, Oktaviani and , Dr. Sumardi, M.Si (2015) Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Kreativitas Bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (757kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (110kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (610kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kemampuan kreativitas. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan memberikan perlakuan model pembelajaran. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh kelas VIII H sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket kemampuan kreativitas dan tes prestasi belajar matematika. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan ANAVA dua jalur dan dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran project based learning terhadap prestasi belajar matematika, dengan FA = 4,887769, (2) terdapat pengaruh kemampuan kreativitas tinggi, sedang, dan rendah terhadap prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran Project Based Learning, dengan FB = 4,077501, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran problem based learning, model pembelajaran project based learning, dan tingkat kemampuan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan FAB = 0,074863.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: problem based learning, project based learning, kemampuan kreativitas, prestasi belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Jun 2015 09:02
Last Modified: 09 Oct 2021 06:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33187

Actions (login required)

View Item View Item