Respon Mahasiswa Terhadap Pengembangan Nilai-Nilai Islam Setelah Mengimplementasikan Model Pembelajaran Matematika Yang Mengintegrasikan Nilai-Nilai Islam (Penelitian Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika Semester 1 Kelas A Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2014/2015)

Handayani, Febriana Ika and , Masduki, S.Si, M.Si (2015) Respon Mahasiswa Terhadap Pengembangan Nilai-Nilai Islam Setelah Mengimplementasikan Model Pembelajaran Matematika Yang Mengintegrasikan Nilai-Nilai Islam (Penelitian Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika Semester 1 Kelas A Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan respon mahasiswa terhadap pengembangan nilai-nilai islam, dan mendiskripsikan nilai-nilai islam yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran matematika. subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 kelas A yang menempuh mata kuliah matematika dasar FKIP Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta yang berjumlah 38 mahasiswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Analisis data secara kualitatif melalui 3 alur yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memberikan respon yang positif terhadap pengembangan nilai-nilai islam setelah dosen mengimplementasikan model pembelajaran matematika yang mengintegrasikan nilai-nilai islam. Dari data yang diperoleh, nilai-nilai islam yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran matematika yaitu sabar (shabr), jujur (shidq), berusaha keras (jihad), berpikir (tafakkur, tadabbur), konsisten (istiqomah), dan toleransi (tasamuh).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Respon mahasiswa, nilai-nilai islam, pembelajaran matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 01 Jun 2015 03:40
Last Modified: 09 Oct 2021 04:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33147

Actions (login required)

View Item View Item