Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Pendekatan Open-Ended Bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun 2013/2014

Purnamasari, Fauziyah Eka and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom (2015) Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Pendekatan Open-Ended Bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
1_HALAMAN DEPAN.pdf

Download (14MB)
[img] PDF (Bab I)
2_BAB I.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Bab II)
3_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (Bab III)
4_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] PDF (Bab IV)
5_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
6_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
7_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (Lampiran)
8_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
9 NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (27MB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa melalui strategi Open-Ended dalam pembelajaran matematika. Sumber data guru dan siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan metode tes. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dengan triangulasi penyidik. Hasil penelitian, penerapan strategi Open-Ended dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa, khususnya siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Hal ini dapat dilihat dari indikator pemahaman konsep matematika yaitu (a) Siswa mampu menyatakan ulang sebuah konsep dari sebelum tindakan 45% siklus I 40% siklus II 60%, (b) Siswa mampu menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis dari sebelum tindakan 35% siklus I 50% siklus II 70% (c) Siswa mampu mengaplikasikan konsep dalam pemecahan masalah dari sebelum diberi tindakan 25% siklus I 40% siklus II 55%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep, open-ended
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 06 May 2015 08:24
Last Modified: 09 Oct 2021 03:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32974

Actions (login required)

View Item View Item