Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Papan Flanel Pada Anak Kelompok A Di Tk Tunas Harapan Bangsa Jemowo Musuk Boyolali Tahun Pelajaran 2012 / 2013

Yuliati, Yuliati and , Drs. Hasto Daryanto, M.Pd. (2014) Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Papan Flanel Pada Anak Kelompok A Di Tk Tunas Harapan Bangsa Jemowo Musuk Boyolali Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (682kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (178kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (217kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Rasa percaya diri anak perlu ditingkatkan, oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan rasa percaya diri anak adalah melalui metode bercerita dengan papan flanel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan rasa percaya diri anak melalui metode bercerita dengan papan flanel. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok A di TK Tunas Harapan Bangsa Jemowo Musuk Boyolali tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Data rasa percaya diri anak dikumpulkan melalui pedoman observasi. Data pembelajaran rasa percaya diri anak melalui metode bercerita dengan papan flanel dikumpulkan melalui lembar observasi dan catatan lapangan. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rasa percaya diri anak melalui metode bercerita dengan papan flanel yakni sebelum tindakan 32,98%, siklus I mencapai 50,79%, dan siklus II mencapai 85,68%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui metode bercerita dengan papan flanel dapat meningkatkan rasa percaya diri anak. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan telah teruji kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Papan Flanel, Metode Bercerita, Rasa Percaya Diri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 04 Feb 2015 12:29
Last Modified: 19 Oct 2021 16:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31811

Actions (login required)

View Item View Item