Hubungan Antara Stres Sekolah Dan Dukungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Bullying Pada Siswa

Tamtomo, Aryo and , Dr. Yadi Purwanto, M.M. (2014) Hubungan Antara Stres Sekolah Dan Dukungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Bullying Pada Siswa. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (432kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN_TESIS.pdf

Download (427kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_TESIS.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara stres sekolah dan dukungan teman sebaya terhadap perilaku bullying pada siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kab. Sukoharjo yang berjumlah 201 siswa, dengan sampel penelitian ini sebanyak 133 siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kab. Sukoharjo. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala perilaku bullying, skala stres sekolah, dan skala dukungan teman sebaya dan Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis regresi berganda, dan dengan bantuan Program SPSS For Windows 16.0. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara stres sekolah dan dukungan teman sebaya terhadap perilaku bullying. Dimana perilaku bullying dan dukungan teman sebaya serta stres sekolah memiliki kategori sedang. Hasil analisis korelasi antara stres sekolah dan dukungan teman sebaya terhadap perilaku bullying memiliki hubungan positif yang signifikan antara dukungan teman sebaya terhadap perilaku bullying. Sumbangan efektif stres sekolah terhadap perilaku bullying sebesar = 16,08%, dan sumbangan efektif dukungan teman sebaya terhadap perilaku bullying sebesar = 40,12%. Total sumbangan efektif stres sekolah dan dukungan teman sebaya adalah 56,2%. Dapat diambil kesimpulan bahwa stres sekolah dan dukungan teman sebaya memiliki hubungan dengan perilaku bullying.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Perilaku bullying, stres sekolah, dan dukungan teman sebaya
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Jan 2015 08:07
Last Modified: 19 Oct 2021 15:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31558

Actions (login required)

View Item View Item