Pengaruh Suasana Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Intensitas Belajar Serta Dampaknya Pada Prestasi Belajar Matematika (Pada Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMP N 1 Trangkil Tahun Ajaran 2014/2015)

MUSTOFA, WAHID and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2014) Pengaruh Suasana Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Intensitas Belajar Serta Dampaknya Pada Prestasi Belajar Matematika (Pada Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMP N 1 Trangkil Tahun Ajaran 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (296kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (841kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (190kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis dan menguji pengaruh tidak langsung suasana belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika melalui intensitas belajar, (2) menganalisis dan menguji pengaruh langsung suasana belajar dan motivasi belajar terhadap intensitas belajar, (3) menganalisis dan menguji pengaruh langsung intensitas belajar terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Trangkil tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 4 kelas yang berjumlah 139 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 103 siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur yang sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat analisis data. Uji prasyarat analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dengan uji kolmogorof-smirnov dan uji linearitas. Berdasarkan hasil perhitungan analisis maka diperoleh hasil sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh tidak langsung suasana belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika melalui intensitas belajar. Suasana belajar berpengaruh tidak langsung terhadap prestasi belajar matematika melalui intensitas belajar dengan nilai IE = 0,081, motivasi belajar berpengaruh tidak langsung terhadap prestasi belajar matematika melalui intensitas belajar dengan nilai IE = 0,084. (2) terdapat pengaruh langsung suasana belajar dan motivasi belajar terhadap intensitas belajar. Suasana belajar berpengaruh langsung terhadap intensitas belajar dengan nilai DE = 0,215, motivasi belajar berpengaruh langsung terhadap intensitas belajar dengan nilai DE = 0,225. (3) terdapat pengaruh langsung intensitas belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai DE = 0,375.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: prestasi, intensitas, suasana, motivasi, belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 24 Dec 2014 14:22
Last Modified: 17 Oct 2021 22:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31446

Actions (login required)

View Item View Item