Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X SMK N1 Banyudono dengan Penerapan Pendekatan Scientific melalui Reward pada Pokok Bahasan Persamaan dan Pertidaksamaan Linear (PTK pada Siswa Kelas X Ap2 SMK N1 Banyudono Semester Gasal Tahun 2013/2014)

Hima, Yatu Sembi (2014) Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X SMK N1 Banyudono dengan Penerapan Pendekatan Scientific melalui Reward pada Pokok Bahasan Persamaan dan Pertidaksamaan Linear (PTK pada Siswa Kelas X Ap2 SMK N1 Banyudono Semester Gasal Tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (125kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (506kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan penerapan pendekatan scientific melalui reward bagi siswa kelas X Administrasi Perkantoran (AP) 2 SMK N1 Banyudono. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua putaran, tiap putaran terdiri dari dua pertemuan yang meliputi mengarahkan siswa untuk mempelajari materi konsep (mengamati), membimbing siswa dalam pemecahan masalah (mencoba, mengamati dan menanya), meminta siswa untuk berani mempresentasikan hasil jawaban (mengamati, menalar, dan membuat jejaring/komunikasi), mengembangkan dan menyiapkan jawaban (menalar, mencoba dan membuat jejaring/komunikasi), dan menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah (refleksi dan evaluasi tehadap permasalahan). Siswa kelas X AP 2 berperan sebagai subjek penerima tindakan yang berjumlah 32 siswa, peneliti berperan sebagai subyek pemberi tindakan, sedangkan obyek penelitian adalah aktivitas belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan saat penelitian adalah metode observasi, catatan lapangan, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah proses analisis data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah peningkatan aktivitas belajar siswa yang dapat dilihat dari indikator yaitu: (1) Mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 6,25%, putaran I 32,26%, putaran II 63,33%; (2) Mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 15,63%, putaran I 41,94%, putaran II 83,33%; (3) Mengemukakan pendapat sebelum tindakan 6,25%, putaran I 22,58%, putaran II 50,00%. Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan scientific melalui reward dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, pendekatan scientific, reward
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Siti Nuzilah
Date Deposited: 17 Oct 2014 16:02
Last Modified: 17 Oct 2014 16:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30535

Actions (login required)

View Item View Item