Pengaruh Pendekatan Pemecahan Masalah dengan Langkah-Langkah Polya terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa di SMP N Satap 3 Jatiroto Wonogiri Tahun Ajaran 2013/2014

Pangestika, Bintang Rizki and , Idris Harta, M.A., Ph.D (2014) Pengaruh Pendekatan Pemecahan Masalah dengan Langkah-Langkah Polya terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa di SMP N Satap 3 Jatiroto Wonogiri Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (668kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (177kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_Pustaka.pdf

Download (214kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
lampiran_1.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (274kB)

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk mengungkapkan pengaruh penggunaan pendekatan pemecahan masalah dengan langkah-langkah polya terhadap pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian the post test only. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 3 Satap Jatiroto Wonogiri tahun ajara 2013/2014. Sampel penelitian ini adalah keseluruhan dari populasi yaitu kelas VIII A sebanyak 25siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebanyak 25 siswa sebagai kelas kontrol. Data penelitian berdasarkan tes untuk mengetahui pengaruh pemahaman konsep matematika siswa. Instrument penelitian yang diberikan berupa tes dengan tipe uraian. Analisis data menggunkan uji-t dari kedua kelompok diperoleh nilai t hitung sebesar 2.1207, sedangkan t tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2.0106. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pemecahan masalah dengan menggunakan langkah-langkah polya berpengaruh secara signifikan terhadap pemahaman konsep siswa. The purpose of this research is to know the influence problem-solving approach with Polya steps through understanding the concept of the student. This research is a research design experiments with the post test only. The population was eighth grade students of SMP N 3 SATAP Jatiroto Winogiri academy year 2013/2014. The sample was the entire population is a class VIII student as much as 25 experimental class VIII and class B many as 25 students as the control class. The research data is based on tests to determine the influence of students' understanding of mathematical concepts. Research instrument is given in the form of tests with the type description. Data analysis use the t-test of both groups obtained t value of 2.1207, while the t table at 5% significance level of 2.0106. The results showed that the problem solving approach with polya steps significantly affect through understanding of concepts.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemecahan masalah, pemahaman konsep, langkah-langkah polya, problem solving, understanding concept. Polya steps
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 17 Oct 2014 15:39
Last Modified: 17 Oct 2021 22:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30534

Actions (login required)

View Item View Item