Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Melalui Media Audio Visual Pada Kelas V Di SD Negeri 1 Karangnongko Karangnongko Klaten Tahun Ajaran 2013/2014

Muryudho, Slamet Tri and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2014) Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Melalui Media Audio Visual Pada Kelas V Di SD Negeri 1 Karangnongko Karangnongko Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (443kB)
[img]
Preview
PDF (HalamaN Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (350kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (814kB)
[img]
Preview
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf

Download (157kB)
[img]
Preview
PDF (Dafatar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Subyek yang diteliti adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Karangnongko, Karangnongko, Klaten. Dengan obyek yang diteliti berjumlah 19 siswa. Jumlah guru SD N 1 Karangnongko ada 11 terdiri dari 1 kepala sekolah, 6 guru kelas, 1 guru Agama Islam, 1 guru Penjas, 1 petugas perpustakaan, 1 penjaga, 5 guru dan 2 petugas WB. Penelitian ini mengunakan teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, check list dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 5 dan 8 Mei 2014 dalam 1 siklus yang terdiri dari 2 pertemuan. Hasil tindakan penelitian, hasil akhir menunjukan bahwa pada kondisi awal nilai rata – rata siswa adalah 60 kemudian setelah diberi tndakan pada siklus I pertemuan 1 dan 2 rata – rata siswa menjadi 66,58. Ketuntasan siswa dari 5 siswa atau 26,32% menjadi 13 siswa atau 68,43% atau meningkat 42,11%. Dengan mengunakan media audio visual siswa mendapatkan pengalaman nyata dengan gambaran yang konkret tentang gejala alam dan daur air. Siswa mendapatkan pengalaman dengan indera penglihatannya ( visual ) dan indera pendengarannya (audio ). Pengalaman ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa, maka melalui media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar pelajaran IPA pada siswa kelasV SD N 1 Karangnongko.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Sep 2014 08:17
Last Modified: 15 Oct 2021 04:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30163

Actions (login required)

View Item View Item