Pengembangan Kemampuan Kognitif Mengenal Bentuk-Bentuk Geometri Melalui Bermain Dengan Media Balok TK Plosokerep 3 Kecamatan Karangmalang Sragen Tahun Pelajaran 2013/201

Fathonah, Siti and , Drs. M. Yahya, M.Si (2014) Pengembangan Kemampuan Kognitif Mengenal Bentuk-Bentuk Geometri Melalui Bermain Dengan Media Balok TK Plosokerep 3 Kecamatan Karangmalang Sragen Tahun Pelajaran 2013/201. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (173kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3.bab_i.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
4._bab_ii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab III)
5._bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab IV)
6.bab_iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab V)
7._bab_v.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._daftar_pustaka.pdf

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11.Naskah__jURNAL__Publikasi__Bu_Siti_Fat.pdf

Download (119kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya peningkatan kemampuan kognitif anak melalui bermain dengan media balok pada anak kelompok B di TK Plosokerep 3 Kecamatan Karangmalang Sragen tahun ajaran 2013/ 2014.Tempat yang digunakan untuk penelitian ini adalah di TK Plosokerep 3 Karangmalang Sragen.Penelitian ini bersifat penelitian tindakan kelas( PTK ). Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh anak kelas B TK Plosokerep 3. Subyek penelitian ini berjumlah 30 anak. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif, meliputi : reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data, berdasarkan hasil pembahasan diperoleh skor pada prasiklus 44, 66 %, padasiklus I meningkat menjadi 60,31 %, sedang siklus II 81,66 %, sehingga penerapan dengan bermain balok untuk peningkatan kemampuan kognitif berhasil. Sehingga pemilihan kegiatan bermainbalok sangatlah penting untuk mengembangkan kemampuan kognitif pada anak kelas BV di TK Plosokerep 3 Karangmalang Sragen.Oleh sebab itu,dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain balok berpengaruh terhadap kemampuan kognitif anak di kelas B TK Plosokerep 3 KarangmalangSragenTahunajaran 2013/ 2014

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kognitif, bermain balok
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 15 Apr 2014 12:21
Last Modified: 19 Oct 2021 16:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28670

Actions (login required)

View Item View Item