Nilai Edukasi Dalam Novel Sunset Bersama Rosie Karya Tere Liye: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Sastra Di SMA

WIDODO, DWI ARIF and , Dr. Nafron Hasjim and -, Drs. Adyana Sunanda, M.Pd. (2014) Nilai Edukasi Dalam Novel Sunset Bersama Rosie Karya Tere Liye: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (617kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (960kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (176kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendiskripsikan unsur-unsur yang pembangun novel membangun novel Sunset Bersama Rosie karya Tere Liye, (2) mendiskripsikan nilai-nilai edukasi dalam novel Sunset Bersama Rosie dengan tinjauan sosiologi sastra (3) mengimplementasikan nilai-nilai edukasi novel Sunset Bersama Rosie karya Tere Liye dalam pembelajaran di SMA. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskripsi kualitatif dengan strategi enbedded and case study research (studi kasus terperancang). Objek penelitian ini adalah nilai edukasi dalam novel Sunset Bersama Rosie. Data penelitian ini berupa kata, frasa, klausa, ungkapan dan kalimat yang terdapat dalam novel Sunset Bersama Rosie. Sunber data penelitian terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kepustakaan, teknik simak dant teknik catat. Teknik validasi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik trianggulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data dialektika. Berdasarkan hasil analis struktural novel Sunset Bersama Rosie karya Tere Liye adalah sebagai berikut. Novel ini bertema cinta, kasih sayang, dan prngorbanan. Tokoh utama dalam novel ini adalah Tegar, sedangkan tokoh pendamping dalam novel ini antara lain, Rosie, Nathan, Angggrek, Jasmine, Sakura, Lili, Charice, Ayasa, dan Sekar. Alur yang digunakan dalam penelitian ini adalah alur maju (progresif). Latar tempat dalam penelitian ini terjadi di Bali, Lombok dan Jakarta. Latar waktu terjadi saat terjadinya bom Bali II di pantai Jimbaran Bali pada tahun 2005. Latar sosial adalah latar belakang sosial budaya Bali dan Lombok . Berdasarkan hasil analisis tentang nilai-nilai edukasi dalam novel Sunset Bersama Rosie disimpulkan bahwa nilai-nilai edukasi dalam novel tersebut antara lain: 1) nilai kedamaian,2) nilai cinta kasih,3) nilai pengorbanan,4) nilai tanggung jawab, dan 5) nilai kebahagiaan. Penelitian dapat diimplementasikan dalam pembelajaran sastra di SMA kelas XI semseter I.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai edukasi, novel Sunset Bersama Rosie, sosiologi sastra
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2014 12:40
Last Modified: 19 Oct 2021 10:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28576

Actions (login required)

View Item View Item