Kajian Aspek Kognitif Soal Ulangan Kenaikan Kelas Matematika Kelas VII MTs Negeri Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012 Dan 2012/2013

PERMATASARI, DIAN ASIH (2014) Kajian Aspek Kognitif Soal Ulangan Kenaikan Kelas Matematika Kelas VII MTs Negeri Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012 Dan 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (47kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (936kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan soal-soal Ulangan Kenaikan Kelas ditinjau dari aspek kognitif, jenis kesalahan dan keberfungsian distraktor dalam soal pilihan ganda. Metode pengumpulan data yang digunakan dokumentasi data dan observasi. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian soal UKK Tahun Ajaran 2011/2012 persentase aspek kognitif mengingat 15%, memahami 35%, mengaplikasikan 25%, menganalisis 25%. Distraktor karena kesalahan fakta 4,76%, karena kesalahan konsep 50,47%, karena kesalahan prinsip 3,8%, karena kesalahan proses perhitungan 21,9%. Aspek kognitif soal UKK Tahun Ajaran 2012/2013 persentase aspek mengingat 15%, memahami 15%, mengaplikasikan 45%, menganalisis 25%. Distraktor karena kesalahan fakta 0,98%, karena kesalahan konsep 60,78%, karena kesalahan prinsip 7,84%, karena kesalahan proses perhitungan31,37%. Pada soal UKK Tahun Ajaran 2011/2012 ada 60 distraktor sudah berfungsi dengan baik dan ada 45 distraktor masih perlu direvisi. Pada soal UKK Tahun Ajaran 2012/2013 ada 48 distraktor sudah berfungsi dengan baik dan ada 54 distraktor masih perlu direvisi. Kesimpulannya aspek memahami memiliki presentase paling tinggi pada soal UKK Tahun Ajaran 2011/2012 dan aspek mengaplikasikan memiliki presentase paling tinggi pada UKK Tahun jaran 2012/2013. Distraktor karena kesalahan konsep paling banyak terjadi pada kedua soal tersebut. Distraktor UKK Tahun Ajaran 2011/2012 sudah lebih dari 50% berfungsi baik, pada soal UKK Tahun Ajaran 2012/2013 banyak distraktor yang perlu direvisi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aspek kognitif, kesalahan distraktor, keberfungsian distraktor
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Siti Nuzilah
Date Deposited: 18 Mar 2014 12:09
Last Modified: 07 Oct 2014 07:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28314

Actions (login required)

View Item View Item