Peningkatan Kedislipinan Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Missouri Mathematics Project Bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Cepu Tahun Ajaran 2012/2013

Noviyanti, Hardhina Aprilia and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd and , Dr. Tjipto Subadi, M.Si (2013) Peningkatan Kedislipinan Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Missouri Mathematics Project Bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Cepu Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (907kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (393kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendiskripsikan peningkatan kedisiplinan belajar matematika melalui strategi Missouri Mathematics Project (MMP), dan (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar matematika melalui strategi MMP. Penelitian ini termasuk dalam jenis pendekatan penelitian kualitatif dengan desain penelitiannya menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 3 siklus. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cepu yang berjumlah 25 siswa dengan obyek penelitian adalah kedisiplinan dan hasil belajar matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kedisiplinan dan hasil belajar matematika pada pokok bahasan kubus dan balok. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya (1) Kedisiplinan belajar matematika dapat dilihat dari indikator kedisiplinan belajar matematika meliputi: a) taat dan mematuhi peraturan di kelas sebelum tindakan 24% pada akhir tindakan meningkat menjadi 83,33%, b) hadir tepat waktu sebelum tindakan 16% pada akhir tindakan meningkat menjadi 62,5%, c) menyelesaikan tugas tepat waktu sebelum tindakan 20% pada akhir tindakan meningkat menjadi 79,17%, dan d) menyelesaikan PR tepat waktu sebelum tindakan 16% pada akhir tindakan meningkat menjadi 66,67%. (2) Hasil belajar matematika yang memperoleh nilai ≥ KKM 65 sebelum tindakan 40% pada akhir tindakan meningkat menjadi 83,33%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan strategi MMP dapat meningkatkan kedisiplinan dan hasil belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Belajar, Hasil Belajar, Missouri Mathematics Project
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2014 06:25
Last Modified: 02 Nov 2021 23:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28131

Actions (login required)

View Item View Item