Peningkatan Penalaran Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) ( PTK Kelas VII D SMP Negeri 1 Karanganyar )

Wanatri, Dinar (2014) Peningkatan Penalaran Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) ( PTK Kelas VII D SMP Negeri 1 Karanganyar ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (821kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (106kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (171kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (438kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk meningkatkan penalaran siswa dalam pembelajaran matematika, sedangkan tujuan khusus dari penelitian ini adalah meningkatkan penalaran siswa setelah dilakukan strategi Auditory Intellectualy Repetition. Jenis penelitian ini adalah PTK. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Karanganyar yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara kualitatif dengan tiga tahap, yaitu reduksi data, paparan data dan penyimpulan. Indikator penalaran dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa menarik kesimpulan secara logik, kemampuan siswa menjelaskan materi dengan sifat dan hubungan, kemampuan siswa memperkirakan jawaban dan proses solusi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan penalaran matematika siswa melalui strategi Auditory Intellectualy Repetition. Hal ini dapat dilihat dari: 1) Kemampuan siswa menarik kesimpulan secara logik sebelum dilakukan tindakan sebesar 33,3% dan di akhir tindakan mencapai 70,8%, 2) Kemampuan siswa menjelaskan materi dengan sifat dan hubungan sebelum dilakukan tindakan sebesar 33,3% dan di akhir tindakan mencapai 58,3%, 3) Kemampuan siswa memperkirakan jawaban dan proses solusi sebelum dilakukan tindakan sebesar 37,5% dan di akhir tindakan mencapai 62,5%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi Auditory Intellectualy Repetition dapat meningkatkan penalaran siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Auditory Intellectualy Repetition, Penalaran
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2014 06:41
Last Modified: 28 Feb 2014 06:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27926

Actions (login required)

View Item View Item