Upaya Meningkatkan Kerjasama Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya (PTK Pada Siswa Kelas VIII A Semester Genap SMP Negeri 1 Karangnongko Tahun Ajaran 2012/2013)

Apriyani, Dewi and , Idris Harta, M.A., Ph.D (2013) Upaya Meningkatkan Kerjasama Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya (PTK Pada Siswa Kelas VIII A Semester Genap SMP Negeri 1 Karangnongko Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (650kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (173kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (164kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH.pdf

Download (616kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran tutor sebaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Karangnongko yang berjumlah 34 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIII A. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, metode tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kerjasama siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran tutor sebaya. Hal ini dapat dilihat dari indikator yang meliputi 1) keterlibatan dalam kerja kelompok sebelum tindakan 35,29% dan setelah tindakan 70,59%, 2) tanggungjawab dalam kerja kelompok sebelum tindakan 29,41% dan setelah tindakan 64,70%, dan 3) kepercayaan dalam kerja kelompok sebelum tindakan 17,65% dan setelah tindakan 58,82%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan kerjasama siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kerjasama, tutor sebaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Nov 2013 11:47
Last Modified: 02 Nov 2021 23:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26889

Actions (login required)

View Item View Item