Apriyani, Dewi and , Idris Harta, M.A., Ph.D (2013) Upaya Meningkatkan Kerjasama Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya (PTK Pada Siswa Kelas VIII A Semester Genap SMP Negeri 1 Karangnongko Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (650kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (173kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Registered users only Download (97kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (164kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH.pdf Download (616kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran tutor sebaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Karangnongko yang berjumlah 34 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIII A. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, metode tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kerjasama siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran tutor sebaya. Hal ini dapat dilihat dari indikator yang meliputi 1) keterlibatan dalam kerja kelompok sebelum tindakan 35,29% dan setelah tindakan 70,59%, 2) tanggungjawab dalam kerja kelompok sebelum tindakan 29,41% dan setelah tindakan 64,70%, dan 3) kepercayaan dalam kerja kelompok sebelum tindakan 17,65% dan setelah tindakan 58,82%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan kerjasama siswa dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kerjasama, tutor sebaya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 Nov 2013 11:47 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 23:46 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26889 |
Actions (login required)
View Item |