Penerapan Metode Glenn Doman Dengan Media Kartu Cerdas Untuk Mengembangkan Kecerdasan Verbal Linguistik Anak Kelompok B TK Pertiwi Geneng Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

Salamah, Nikky Kusnul (2013) Penerapan Metode Glenn Doman Dengan Media Kartu Cerdas Untuk Mengembangkan Kecerdasan Verbal Linguistik Anak Kelompok B TK Pertiwi Geneng Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (529kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRA_N.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH__PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sebuah penelitian tindakan kelas ini mempunyai tujuan untuk mengembangkan kecerdasan yang dimiliki oleh setiap anak terutama dalam kecerdasan verbal linguistik dengan menggunakan metode Glenn Doman dan memanfaatkan media kartu cerdas pada anak kelompok B TK Pertiwi Geneng, Prambanan, Klaten tahun ajaran 2012/2013 yang memiliki jumlah anak 20. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengatasi masalah kecerdasan verbal linguistik anak dengan menggunakan metode Glenn Doman dipilih karena lebih dekat dan berpusat ke anak yang disebabkan guru berhadapan langsung serta anak-anak dapat mencobanya sendiri dalam memakai kartu cerdas. Dalam mendata di penelitian ini melalui observasi langsung tentang kecerdasan verbal linguistik yang dimiliki setiap anak, sedangkan data untuk penerapan metode Glenn Doman dengan media kartu cerdas diperoleh melalui lembar observasi dan catatan lapangan. Dalam penelitian ini menggunakan jenis data kualitatif dan kuantitatif yang datanya berupa berbentuk kata-kata dan angka serta analisis datanya menggunakan deskriptif komparatif dan deskriptif interaktif yang hasil analisis datanya dalam kelompok B di TK Pertiwi Geneng dalam prasiklus dengan presentase 30,69 persen dan siklus yang pertama diperoleh sejumlah 71,25 persen dan pada siklus yang kedua diperoleh sejumlah xvii 90,274 persen. Dengan demikian dapat dilihat bahwa adanya perkembangan dalam kecerdasan verbal linguistik yang menggunakan metode Glenn Doman melalui media kartu cerdas.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Verbal Lingusitik, Metode Glenn Doman
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2013 11:51
Last Modified: 14 Nov 2013 12:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26737

Actions (login required)

View Item View Item