Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Video Sebuah Objek Pada Siswa Kelas X TSM 1 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013

RINI, IKA SUSILA (2013) Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Video Sebuah Objek Pada Siswa Kelas X TSM 1 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (490kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (763kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (302kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi melalui video sebuah objek pada siswa kelas X TSM 1 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dan guru kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Masing-masng siklus ini terdapat 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru kelas sebagai pelaku tindakan dan siswa kelas X TSM 1 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo selaku subjek yang dikenai tindakan. Dalam penelitian tersebut teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif. Analisis data ini terdiri dari 3 komponen yakni reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan, yang menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Data pada penelitian ini adalah hasil tulisan siswa yang berupa perbandingan nilai dari siklus I ke siklus II. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas X TSM 1 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Berdasarkan penelitian yang telah dilkukan, diperoleh hasil penelitian pada siklus I jumlah siswa yang tuntas yaitu sebanyak 13 anak dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu siswa yang tuntas sebanyak 30 dari 32 siswa. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media video dapat meningkatkan kreatifitas menulis deskripsi pada siswa kelas X TSM 1 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis Deskripsi, Media Video
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 31 Oct 2013 11:25
Last Modified: 31 Oct 2013 11:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26561

Actions (login required)

View Item View Item