Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Melalui Permainan Konstruktif Pada Anak Kelompok A Di TK Pertiwi Sumber Trucuk Klaten Tahun 2012/2013

TANTRIYANI, ARIF NUR and , Dr. Darsinah, M.Si and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd. (2013) Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Melalui Permainan Konstruktif Pada Anak Kelompok A Di TK Pertiwi Sumber Trucuk Klaten Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (747kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (673kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kerjasama pada anak kelompok A Di TK Pertiwi Sumber Trucuk Klaten melalui penerapan permainan konstruktif. Subyek penelitian anak kelompok A di TK Pertiwi Sumber Trucuk Klaten yang berjumlah 26 yang terdiri dari 16 anak perempuan dan 10 orang anak laki-laki. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 siklus dengan jumlah pertemuan sebanyak 7 kali yaitu pada siklus I sebanyak 3 pertemuan, siklus II sebanyak 2 pertemuan dan siklus III sebanyak 2 pertemuan. Data kemampuan kerjasama di peroleh melalui observasi kemampuan kerjasama anak dan catatan lapangan. Sedangkan data penerapan permainan konstruktif diperoleh melalui observasi penerapan permainan konstruktif dan catatan lapangan. Teknik analisis data kemampuan kerjasama menggunakan teknik analisis komparatif yaitu membandingkan hasil rata-rata kemampuan kerjasama anak dengan indicator kinerja pada tiap siklusnya. Teknik analisis data permainan konstruktif menggunakan teknik analisis interaktif dengan langkah mengumpulkan data, mereduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan data tentang penerapan permainan konstruktif. Hasil penelitian kemampuan kerjasama melalui penerapan permainan konstruktif menunjukkan sebelum tindakan42,30% menunjukkan bahwa anak belum mampu kerjasama, siklus I menunjukkan50,57% berarti bahwa anak kurang mampu kerjasama, siklus II menunjukkan 76,15% menunjukan bahwa anak mampu dalam kerjasama, pada siklus III menjadi 90,38% yang artinya bahwa hampir keseluruhan anak sangat mampu kerjasama. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran dengan menggunakan permainan konstruktif dapat dikatakan efektif dan berhasil meningkatkan kemampuan kerjasama anak kelompok Adi TK Pertiwi Sumber Trucuk Klaten. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan permainan konstruktif dapat meningkatkan kemampuan kerjasama.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan kerjasama, Penerapan Permainan Konstruktif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2013 12:55
Last Modified: 26 Oct 2021 03:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26552

Actions (login required)

View Item View Item