Pengaruh Keaktifan Siswa dalam Organisasi di Sekolah dan Gaya Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika

Iqomuddiin, Yazid and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. (2013) Pengaruh Keaktifan Siswa dalam Organisasi di Sekolah dan Gaya Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (717kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (153kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
dapus.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_.pdf

Download (963kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: 1) mengetahui pengaruh keaktifan siswa dalam organisasi di sekolah terhadap prestasi belajar matematika. 2) mengetahui pengaruh gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. 3) mengetahui pengaruh keaktifan siswa dalam organisasi di sekolah dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian termasuk kuantitatis ex post facto. Populasinya seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Cepu tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 6 kelas dengan sampel diambil 1 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan analisis regresi linier berganda. Kesimpulan yang diambil adalah : 1) Tidak ada pengaruh yang signifikan antara keaktifan siswa dalam organisasi dan prestasi belajar matematika, dengan sumbangan efektif sebesar 0,16%. 2) Tidak ada pengaruh yang signifikan antara gaya belajar siswa dan prestasi belajar matematika, dengan sumbangan efektif sebesar 6,57%. 3) Tidak ada pengaruh yang signifikan antara keaktifan siswa dalam organisasi dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan koefisien determinasi sebesar 0,067219398. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,067219398 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh antara keaktifan siswa dalam organisasi dan gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika adalah 6,72% sedangkan 93,28% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan organisasi, gaya belajar, prestasi belajar matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2013 06:04
Last Modified: 02 Nov 2021 22:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25073

Actions (login required)

View Item View Item