Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Inquiring Minds Want To Know Berbasis Pemecahan Masalah (Kelas X Semester 2 SMK Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013)

Yunianto, Bayu Tri (2013) Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Inquiring Minds Want To Know Berbasis Pemecahan Masalah (Kelas X Semester 2 SMK Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (390kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (335kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika melalui strategi Inquiring Minds Want to Know berbasis Pemecahan Masalah bagi siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan oleh peneliti bekerjasama dengan guru matematika. Subyek penerima tindakan dari penelitian ini adalah siswa SMK Muhammadiyah 1 Surakarta kelas XG semester genap tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 31 siswa dengan komposisi semuanya laki-laki. Guru matematika bertindak sebagai subyek yang memberikan tindakan dan dibantu oleh peneliti. Metode pengumpulan data yang digunakan pada saat penelitian adalah metode tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan metode alur yang terdiri dari pengumpulan data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan minat dan hasil belajar matematika melalui strategi Inquiring Minds Want to Know berbasis Pemecahan Masalah yang dapat dilihat dari indikator yaitu: (1) kemauan dalam mengerjakan soal atau tugas sebelum tindakan 19,35%, setelah tindakan mencapai 80,65% (2) keingintahuan dengan bertanya sebelum tindakan 9,68%, setelah tindakan mencapai 61,29% (3) partisipasi dalam kegiatan kelompok atau diskusi sebelum tindakan 29,03%, setelah tindakan mencapai 58,06% dan (4) hasil belajar siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM≥75) sebelum tindakan 34,38%, setelah tindakan menjadi 65,63%. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Inquiring Minds Want to Know berbasis Pemecahan Masalah dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat belajar, Hasil belajar, Inquiring Minds Want to Know, Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2013 05:23
Last Modified: 25 Jul 2013 05:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25068

Actions (login required)

View Item View Item