Strategi Kesantunan Positif Di Kalangan Anak SD Berlatar Belakang Budaya Jawa Di Kelurahan Banaran, Kalijambe

Saputro, Erwan and , Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, M.Hum (2013) Strategi Kesantunan Positif Di Kalangan Anak SD Berlatar Belakang Budaya Jawa Di Kelurahan Banaran, Kalijambe. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (243kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (103kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (271kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan bentuk tuturan yang mengandung strategi kesantunan positif di kalangan anak SD berlatar belakang budaya Jawa di kelurahan Banaran, Kalijambe, (2) Mendeskripsikan strategi kesantunan positif di kalangan anak SD berlatar belakang budaya Jawa di kelurahan Banaran, Kalijambe. Objek penelitian ini adalah strategi kesantunan positif di kalangan anak SD berlatar belakang budaya Jawa di kelurahan Banaran, Kalijambe. Sumber data dalam penelitian ini adalah tuturan anak SD yang menggunakan strategi kesantunan positif di kalangan anak SD berlatar belakang budaya Jawa. Penelitian ini menggunakan teknik simak, rekam dan catat. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode padan ekstralingual dan metode baca markah. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) bentuk-bentuk tuturan yang mengandung strategi kesantunan positif di kalangan anak SD berlatar belakang budaya Jawa di kelurahan Banaran, Kalijambe yakni direalisasikan dalam bentuk tuturan pernyataan, tuturan pertanyaan, dan tuturan perintah. (2) strategi kesantunan positif di kalangan anak SD berlatar belakang budaya Jawa yakni di realisasikan dalam 15 strategi yakni 1) Memberikan perhatian, mengikuti pendengar (ketertarikan, keinginan, kebutuhan, dan barang- barangnya), 2) Melebih-lebihkan (ketertarikan, kesetujuan, simpatinya terhadap lawan tutur), 3) Meningkatkan ketertarikan kepada lawan tutur, 4) Menggunakan penanda yang menunjukkan kesamaan jati diri atau kelompok, 5) Mencari dan mengusahakan persetujuan dengan lawan tutur, 6) Menghindari pertentangan dengan lawan tutur, 7) Mempresuposisikan atau menimbulkan persepsi sejumlah persamaan penutur dan lawan tutur, 8) Membuat lelucon, 9) Pernyataan atau pengisyaratan pada pengetahuan penutur dan konsen untuk keinginan mitra tutur, 10) Membuat penawaran dan janji, 11) Menunjukkan rasa optimisme, 12) Berusaha melibatkan lawan tutur dan penutur dalam suatu kegiatan tertentu, 13) Memberikan dan meminta alasan, 14) Timbal balik, 15) Memberikan rasa simpati kepada lawan tutur.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pragmatik, strategi kesantunan positif.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Jun 2013 11:29
Last Modified: 31 Oct 2021 00:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24495

Actions (login required)

View Item View Item