Transparansi Pengelolaan APBS dalam Perspektif Manajemen Mutu Terpadu di SMK Negeri 1 Jogonalan Tahun 2012

Sridadi , Sridadi (2013) Transparansi Pengelolaan APBS dalam Perspektif Manajemen Mutu Terpadu di SMK Negeri 1 Jogonalan Tahun 2012. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
a._HALAMAN_PENDAHULUAN_JADI.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
b._BAB_I_JADI.pdf

Download (308kB)
[img] PDF (Bab II)
c._BAB_II_JADI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)
[img] PDF (Bab III)
d._BAB_III_JADI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] PDF (Bab IV)
e._BAB_IV_JADI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[img] PDF (Bab V)
f._BAB__V_JADI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)
[img] PDF (Bab VI)
g._BAB_VI_JADI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
h._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (353kB)
[img] PDF (Lampiran)
i._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskas_publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) strategi penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS); (2) realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (APBS); (3) proses pengawasan APBS; (4) transparansi strategi penyusunan RKAS, realisasi dan pengawasan APBS; (5) pemaknaan transparansi pengelolaan APBS dalam perspektif Manajemen Mutu Terpadu di SMK Negeri 1 Jogonalan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain fenomenologi. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Jogonalan dengan informan: Kepala Sekolah, Wakil KepaLa Sekolah, Kepala Kompetensi Keahlian, Guru, Bendahara dan Komite Sekolah serta orang tua siswa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan model interaktif. Teknik ini diawali dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dengan perpanjangan pengamatan, keajegan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan teman sejawat, alanisa kasus negative, dan pengecekan anggota. Hasil penelitian menunjukkan: (1) meningkatnya kesadaran akan pentingnya RKAS, keterlibatan tim yang tepat dan komunikasi efektif memperlancar penyusunan RKAS; (2) teridentifikasinya sumber-sumber pendapatan sekolah memudahkan pengelolaan anggaran; (3) meningkatnya pemahaman aturan, petunjuk teknis, prosedur dan mekanisme memudahkan pengelolaan kegiatan. (4) keterlibatan unsur manajemen, kontrol keuangan yang efektif dan lengkapnya bukti transaksi mengurangi penyimpangan; (5) transparansi pengelolaan APBS tampak dari keterlibatan tim, pemahaman tugas pokok, aturan dan bukti transaksi yang valid. Dari sisi pemaknaan hasil penelitian juga menunjukkan bahwa semakin baik kesadaran, manajemen kolektifitas, pemikiran utuh dan terpadu, komunikasi dan koordinasi yang efektif, ketaatan pada aturan dan rasa ikut memiliki program akan meningkatkan transparansi pengelolaan APBS dalam perspekif manajemen mutu terpadu.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: transparansi, APBS, manajemen mutu terpadu, SMK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 30 May 2013 05:39
Last Modified: 30 May 2013 13:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24283

Actions (login required)

View Item View Item