Pengaruh Motivasi Orang Tua Dan Disiplin Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri I Nguntoronadi Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2012/2013

Pratama, Setiawan Yuniar Nur and , Drs.Sudarto HS. MM and , Drs.Samian,M.M (2013) Pengaruh Motivasi Orang Tua Dan Disiplin Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri I Nguntoronadi Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (175kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (485kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (694kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh motivasi orang tua terhadap prestasi belajar siswa; 2) Untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa.; 3) Untuk mengetahui pengaruh motivasi orang tua dan disiplin belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah 160 siswa SMP N I Nguntoronadi 2012/2013. Sampel diambil sebanyak 32 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berberganda, uji F, uji t, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 21,363 + 0,563X1 + 0,680X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh motivasi orang tua dan disiplin belajar siswa. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Motivasi orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,095 > 2,045 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,045 dengan sumbangan efektif sebesar 26,7%; 2) Disiplin belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,132 > 2,045 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,042, dengan sumbangan efektif sebesar 27,3%; 3) Motivasi orang tua dan disiplin belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier berganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 17,006 > 3,328 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,540 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh motivasi orang tua dan disiplin belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi, adalah sebesar 54% sedangkan 46% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Orang Tua dan Disiplin Belajar Siswa dan Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Apr 2013 06:22
Last Modified: 28 Oct 2021 05:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23515

Actions (login required)

View Item View Item