Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Melalui Metode Aism Pada Kelompok B Tk Aba Gondang Kebonarum Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

Solaita, Siti (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Melalui Metode Aism Pada Kelompok B Tk Aba Gondang Kebonarum Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (430kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (127kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (251kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca awal anak melalui metode AISM di TK ABA Gondang Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas disebut juga Classroom Action Reseaech (CAR). Penelitian ini dilakukan selama 2 bulan lebih sedikit di TK ABA Gondang Tahun Pelajaran 2012/2013. Dimana materi pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca dengan dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B yang berjumlah 21 anak terdiri dari 7 anak laki-laki dan 14 anak perempuan, serta guru yang berjumlah 4 orang. Data tentang peningkatan kemampuan membaca awal dikumpulkan dengan observasi dan catatan lapangan. Metode pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi . Tehnik analisis data melalui tiga tahap antara lain reduksi data, display data, dan penyimpulan. Trianggulasi merupakan tehnik untuk validasi data. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan membaca awal anak melalui metode AISM. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prosentase kemampuan membaca awal mencapai 28.6%. Siklus I 66.3% yan sebelumnya 56.3%. Siklus II 84.9% yang sebelumnya 66.3%. kesimpulan dari penelitian ini adalah metode AISM dapat meningkatkan kemampuan membaca awal anak

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca Awal melalui metode AISM
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2012 07:06
Last Modified: 22 Nov 2012 07:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21415

Actions (login required)

View Item View Item