Hubungan Antara Kejadian Anemia Dengan Indeks Massa Tubuh Dan Prestasi Belajar Pada Siswi Kelas Xi Di Sma Negeri 2 Sukoharjo

Triasmita, Nur Siska (2012) Hubungan Antara Kejadian Anemia Dengan Indeks Massa Tubuh Dan Prestasi Belajar Pada Siswi Kelas Xi Di Sma Negeri 2 Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (371kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (74kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)

Abstract

Pendahuluan. Anemia merupakan suatu keadaan rendahnya kadar Hb dalam darah. Selain disebabkan oleh defisiensi zat besi, dapat juga disebabkan oleh defisiensi berbagai zat gizi seperti asam folat, protein, vitamin A dan vitamin B12. Dampak dari anemia dapat mengakibatkan status gizi menjadi tidak normal, prestasi belajar menurun, aktivitas fisik berkurang dan daya tahan tubuh terhadap penyakit menjadi rendah. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kejadian anemia dengan indeks massa tubuh dan prestasi belajar pada siswi kelas XI di SMA Negeri 2 Sukoharjo. Metode Penelitian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional dan teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Nilai kadar Hb didapat pemeriksaaan Hb dengan metode Cyanmethemoglobin, data IMT diperoleh dengan pengukuran antropometri BB dan TB serta nilai prestasi belajar didapat dari rata-rata nilai Ulangan Tengah Semester Gasal tahun 2011. Analisis data dengan menggunakan korelasi pearson product moment Hasil. Kadar Hb normal 50,9%, nilai IMT rendah 62,3% dan nilai prestasi belajar baik 67,9%. Hasil uji korelasi kejadian anemia dengan IMT diperoleh nilai p>0,05. Hasil uji korelasi kejadian anemia dengan prestasi belajar diperoleh nilai p>0,05. Kesimpulan. Tidak ada hubungan antara kejadian anemia dengan IMT. Tidak ada hubungan antara kejadian anemia dengan prestasi belajar. Saran. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang hubungan anemia dengan IMT dan prestasi belajar, agar prevalensi anemia pada remaja khususnya remaja putri bisa dikendalikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rak J310/2012-20
Uncontrolled Keywords: Anemia, IMT, Prestasi Belajar
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 02 May 2012 11:25
Last Modified: 13 Sep 2022 06:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18472

Actions (login required)

View Item View Item