Persepsi Mahasiswa S1 Akuntansi Reguler Dan Ekstensi Tentang Pendidikan Profesi Akuntansi (Studi Kasus Di Universitas Sebelas Maret Surakarta)

SETIAWAN, HENDRI (2012) Persepsi Mahasiswa S1 Akuntansi Reguler Dan Ekstensi Tentang Pendidikan Profesi Akuntansi (Studi Kasus Di Universitas Sebelas Maret Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (81kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)

Abstract

Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA) merupakan jenjang pendidikan tambahan yang ditujukan bagi seorang lulusan sarjana ekonomi jurusan akuntansi yang ingin mendapatkan gelar Akuntan. Setelah adanya program tersebut apakah mahasiswa terdorong untuk memiliki dan meningkatkan kualitas diri dan kemampuannya dalam bidang akuntansi. Apakah dorongan tersebut dibentuk oleh persepsi positif mahasiswa terhadap keberadaan PPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) apakah terdapat persepsi yang positif atau negatif antara mahasiswa S1 akuntansi reguler dan mahasiswa S1 akuntansi ekstensi terhadap penyelenggaraan PPA; (2) Apakah terdapat perbedaan persepsi antara mahasiswa S1 akuntansi reguler dengan mahasiswa S1 akuntansi ekstensi terhadap penyelenggaraan PPA. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Akutansi S-1 reguler dan ekstensi pada Universitas Sebelas Maret Surakarta. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan Simple Random Sampling. Sampel penelitian diperoleh sebanyak 64 orang mahasiswa. Data yang diperoleh di uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan cronbach’s alpha. Analisis data mengunakan uji normalitas, uji Z untuk hipotesis 1 serta uji Mann-Whitney untuk uji hipotesis 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Mahasiswa reguler dan ekstensi di Jurusan Akuntansi FE UNS memiliki persepsi yang positif terhadap PPA. Nilai ratarata riil sebesar 85,75 melebihi rata-rata harapan sebesar 72. Kemudian diperkuat dengan hasil uji hipotesis 1 dengan uji Z yang memperoleh nilai Zhitung sebesar 1,570 dengan nilai p=0,014. Dikarenakan nilai p < ? atau 0,014 < 0,05; (2) Terdapat perbedaan persepsi tentang PPA antara mahasiswa reguler dan ekstensi di Jurusan Akuntansi FE UNS. Terbukti dari hasil uji hipotesis 2 yang memperoleh nilai ? 2 hitung > ? 2 tabel (23,183 > 3,841) dengan p<0,05 dan H2 diterima. Mahasiswa reguler memiliki persepsi yang lebih positif (87,647) dibandingkan mahasiswa ekstensi (78,308). Artinya terdapat perbedaan persepsi di antara kalangan mahasiswa tentang PPA khususnya pada aspek gelar akuntan, minat dan kemampuan, instrumen pendukung PPA, dan keterkaitan PPA dengan dunia kerja.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan profesi akuntansi (PPA), mahasiswa reguler dan ekstensi, persepsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Apr 2012 07:41
Last Modified: 18 Apr 2012 09:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18037

Actions (login required)

View Item View Item