Penerapan Strategi Pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Materi Usaha dan Jenis Kegiatan Ekonomi di Indonesia Pada siswa Kelas V SD Negeri 02 Buntar Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar tahun 2011/2012

Puspita, Ratri Dian (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Materi Usaha dan Jenis Kegiatan Ekonomi di Indonesia Pada siswa Kelas V SD Negeri 02 Buntar Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS melalui metode pembelajaran SQ4R pada siswa kelas V semester II di Sekolah Dasar 02 Buntar Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar tahun 2011/2012. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK), melalui model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V di SD Negeri 02 Buntar Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada pembelajaran IPS tentang Usaha dan Jenis Kegiatan Ekonomi di Indonesia kondisi awal/pra siklus dari jumlah 27 siswa, hanya 6 siswa yang tuntas hanya sekitar 26% masih tersisa 21 siswa atau 74% yang belum tuntas. Pada siklus I diketahui bahwa dari 27 siswa yang mencapai ketuntasan dari indikator KKM sebanyak 21 siswa atau 74% dan yang belum tuntas sebanyak 6 siswa atau 26%. Pada siklus II dari 27 siswa yang telah tuntas 27 siswa atau mencapai ketuntasan maksimal yaitu 100%, yang berarti taraf ketuntasan maksimal yaitu 100%, yang berarti taraf ketuntasan siswa dalam I kelas telah mencapai di atas indikator pencapaian 85%. Dengan demikian hipotesis tindakan yang dirumuskan dapat menjawab yakni terjadi peningkatan hasil belajar IPA melalui penggunaan metode pembelajaran SQ4R materi Usaha dan Jenis Kegiatan Ekonomi di Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 02 Buntar tahun 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPS, metode SQ4R.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Mar 2012 10:30
Last Modified: 19 Mar 2012 10:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17391

Actions (login required)

View Item View Item