“Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Pias – Pias Kata pada Siswa Kelas I SDN 03 Tunggulrejo Jumantono Karanganyar Tahun Ajaran 2010/2011”.

Narti, Narti (2011) “Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Pias – Pias Kata pada Siswa Kelas I SDN 03 Tunggulrejo Jumantono Karanganyar Tahun Ajaran 2010/2011”. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (123kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan dengan menggunakan pias – pias kata pada siswa kelas I SD Negeri 03 Tunggulrejo Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2010/2011. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model penelitian ini menggambarkan serangkaian langkah yang membentuk siklus. Setiap langkah tersebut terdiri dari empa t tahapan, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 03 Tunggulrejo Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru siswa kelas I sebanyak 21 orang siswa yaitu 11 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis kualitatif, yang meliputi 3 komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan keterampilan membaca permulaan dengan menggunakan metode pias – pias kata. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata test awal hanya 57,33 dengan persentase siswa yang mencapai KKM sebesar 52,38 %. Pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 65,66 dengan persentase siswa yang mencapai KKM sebesar 61,90 %. Pada siklus II nilai rata-rata kelas menjadi 73,77 dan persentase siswa yang mencapai KKM sebesar 85,71 %.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode pias –pias kata dapat meningkatakan ketrampilan membaca siswa.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 21 Feb 2012 05:56
Last Modified: 21 Feb 2012 05:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16963

Actions (login required)

View Item View Item