Hubungan Konsumsi Lemak dan Serat dengan Profil Lipid pada Wanita Usia Subur (WUS) di Daerah Endemik Gaky Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman

RUFAIDAH, RUFAIDAH (2011) Hubungan Konsumsi Lemak dan Serat dengan Profil Lipid pada Wanita Usia Subur (WUS) di Daerah Endemik Gaky Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
COVER_DLL.pdf

Download (236kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (79kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)

Abstract

Pendahuluan : Masalah Gangguan Akibat Kekurangan Yodium (GAKY) merupakan masalah yang serius mengingat dampaknya secara langsung mempengaruhi kelangsungan hidup dan kulitas manusia. Kelompok masyarakat yang sangat rawan terhadap masalah dampak defisiensi iodium adalah Wanita Usia Subur (WUS), ibu hamil, anak balita dan anak usia sekolah. Kebanyakan masyarakat yang bertempat tinggal didaerah endemik GAKY mengalami permasalahan sindrom metabolik. Permasalahan tersebut disebabkan karena pola makan yang salah, ketidakseimbangan asupan zat gizi, sikap dan perilaku masyarakat dalam menanggapi permasalahan gizi dan kesehatan yang kurang maksimal. Tujuan : Mengetahui hubungan antara konsumsi lemak dan serat dengan profil lipid pada Wanita Usia Subur (WUS) di Daerah Endemik GAKY Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah subjek penelitian sebanyak 26 dipilih dengan metode multi stage random sampling. Data konsumsi lemak dan serat dikumpulkan melalui wawancara dengan metode recall 3x24 jam dan pengambilan sampel darah untuk pemeriksaan profil lipid. Analisis data dengan korelasi pearson product moment Hasil : Berdasarkan analisis univariat tingkat konsumsi lemak subjek tergolong defisit berat yaitu 46,2%, sedangkan konsumsi serat tergolong rendah yaitu 100%. Hasil kadar trigliserida subyek normal 100%, kadar kolesterol total normal 84,6%, kadar HDL normal 100% dan kadar LDL normal 100%. Kesimpulan : Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara konsumsi lemak dan serat dengan profil lipid pada Wanita Usia Subur (WUS) di Daerah Endemik GAKY Kecamatan Cangkringan Sleman. Hal ini diharapkan masyarakat dapat memperhatikan pola konsumsi makan sesuai angka kecupuan gizi (AKG).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: RAK J310/2011 - 30
Uncontrolled Keywords: konsumsi lemak, konsumsi serat, profil lipid, WUS, GAKY
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 14 Dec 2011 09:22
Last Modified: 14 Sep 2022 06:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16056

Actions (login required)

View Item View Item