Penerapan Strategi Pembelajaran Giving Question and Getting Answer Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Biologi dengan Praktikum pada Materi Fotosintesis Siswa Kelas VIII A SMP PGRI Gringsing TAhun Ajaran 2011-2012

YULIANTI, HERJALI BEKTI (2011) Penerapan Strategi Pembelajaran Giving Question and Getting Answer Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Biologi dengan Praktikum pada Materi Fotosintesis Siswa Kelas VIII A SMP PGRI Gringsing TAhun Ajaran 2011-2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (74kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB__IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang timbul dalam proses pembelajaran adalah kurangnya penggunaan variasi strategi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Biologi pada materi Fotosintesis dengan penggunaan strategi Giving Question and Getting Answer dengan praktikum siswa kelas VIII A SMP PGRI Gringsing Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan strategi Giving Question and Getting Answer dengan praktikum yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan dengan penilaian kognitif dan afektif dalam setiap siklusnya dan psikomotorik pada siklus I. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kognitif siswa pada siklus I meningkat menjadi 64.5 dari nilai awal sebesar 56.96; sedangkan nilai rata-rata afektif sebesar 11.92 (termasuk kategori cukup berminat) dan psikomotorik sebesar 14.62 (termasuk kategori berminat). Nilai rata-rata kognitif pada siklus II meningkat menjadi 80,73 dari siklus I yang hanya 64.5; sedangkan nilai rata-rata afektif meningkat menjadi 14.12 (termasuk kategori berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi Giving Question and Getting Answer dengan praktikum dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII A SMP PGRI Gringsing tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar (aspek kognitif, afektif dan psikomotorik), strategi giving question and getting answer dengan praktikum.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Dec 2011 05:35
Last Modified: 05 Dec 2011 05:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15758

Actions (login required)

View Item View Item