PENINGKATAN PEMAHAMAN POLA KALIMAT DAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SD NEGERI KEBONHARJO TAHUN AJARAN 2011/2012

YULIAWATI, PRAJUWITA RAWIE (2011) PENINGKATAN PEMAHAMAN POLA KALIMAT DAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SD NEGERI KEBONHARJO TAHUN AJARAN 2011/2012. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
Halaman_Depan_Prajuwita.pdf

Download (79kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
Bab_1.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (BAB II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (BAB III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (BAB IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF (BAB V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) meningkatkan pemahaman pola kalimat pada siswa melalui penerapan metode STAD (Student Teams Achievement Divisions); (2) meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan metode STAD. Penelitian ini mengambil lokasi di SD Negeri Kebonharjo Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten. Objek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri Kebonharjo Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten. tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 29 orang siswa. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Sumber data diperoleh dari pengamatan guru, peristiwa serta dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan PTK yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran kooperatif dengan metode STAD dapat meningkatkan pemahaman pola kalimat pada siswa kelas III SD Negeri Kebonharjo, Polanharjo, Klaten tahun pelajaran 2011/2012. Hasil penilaian terhadap pemahaman pola kalimat menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan metode STAD pada kondisi awal pemahaman pola kalimat hanya mencapai rata-rata 50,9. Kemudian pada siklus I meningkat menjadi ratarata 69,8 dan pada siklus II semakin meningkat menjadi 93,1; (2) Pembelajaran kooperatif dengan metode STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Kebonharjo, Polanharjo, Klaten tahun pelajaran 2011/2012. Hasil penilaian terhadap hasil belajar siswa menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan metode STAD pada kondisi awal hasil belajar hanya mencapai rata-rata 57,9. siklus I meningkat menjadi 72,9 dan siklus II semakin meningkat menjadi 84,1 dan semua siswa menunjukkan ketuntasan dalam belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pemahaman pola kalimat, hasil belajar, student teams achievement divisions
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2011 05:37
Last Modified: 28 Nov 2011 05:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15639

Actions (login required)

View Item View Item