PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR NEGERI 01 KEBAK TAHUN AJARAN 2010/2011

NGATIYEM , NGATIYEM (2011) PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR NEGERI 01 KEBAK TAHUN AJARAN 2010/2011. Diploma thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

[img]
Preview
PDF (haldepan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (96kB)
[img]
Preview
PDF (bab1)
BAB_I_.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (bab2)
BAB_II_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (bab3)
BAB_III_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (bab4)
BAB_IV_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (bab5)
BAB_V_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img]
Preview
PDF (daftarpustaka)
DAFTAR__PUSTAKA.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (lampiran)
Lampiran_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas 5 SDN 01 Kebak tahun ajaran 2010/2011. (2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas 5 SDN 01 Kebak tahun ajaran 2010/2011. (3) Untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas 5 SDN 01 Kebak tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif asosiatif yang berfungsi untuk mengetahui pengaruh variabel satu dengan variabel yang lain dengan melibatkan perhitungan angka. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 Sekolah Dasar Negeri 01 Kebak tahun ajaran 2010 / 2011 yang berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi dan angket. Analisis yang digunakan analisis regresi linier berganda, Uji t dan Uji F. Sebelum dilakukan analisis data dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji linearitas data. Hasil uji normalitas menyatakan bahwa semua data dinyakatan normal, sedangkan hasil uji lineraritas menyatakan bahwa semua data adalah untuk variabel minat belajar ܨ௛௜௧ < ܨ௧௔௕௘௟ = 0,129 < 3,44 dan variabel motivasi belajar ܨ௛௜௧ < ܨ௧௔௕௘௟ 0,621 < 3,44 yang berarti data mempunyai hubungan yang linear. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan: (1) Terdapat pengaruh positif minat belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas 5 Sekolah Dasar Negeri 01 Kebak tahun ajaran 2010 / 2011 dengan thitung > ttable yaitu 5,343 > 2,069; (2) Terdapat pengaruh positif motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas 5 Sekolah Dasar Negeri 01 Kebak tahun ajaran 2010 / 2011 dengan thitung > ttabel yaitu 3,4592 > 2,069; (3) Terdapat pengaruh positif antara minat dan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas 5 Sekolah Dasar Negeri 01 Kebak tahun ajaran 2010 / 2011 dengan F hitung > F table yaitu 13,804 > 3,44. Sumbangan relatif minat belajar sebesar 48,146%, sedangkan sumbangan relatif motivasi belajar sebesar 51,854%. Sumbangan efektif minat belajar sebesar 26,817%, sedangkan sumbangan efektif motivasi belajar sebesar 28,883%. Jumlah sumbangan efektif minat dan motivasi belajar sebesar 55.7 %

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: MINAT ,MOTIVASI BELAJAR, PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA TAHUN AJARAN 2010 / 2011
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 24 Nov 2011 09:47
Last Modified: 24 Nov 2011 09:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15610

Actions (login required)

View Item View Item