ANALISIS WACANA LIRIK LAGU “BERITA KEPADA KAWAN” DAN “CAMELIA 1” KARYA EBIET G. ADE DITINJAU DARI ASPEK INTERNAL DAN EKSTERNAL

UTAMI, NIKI (2011) ANALISIS WACANA LIRIK LAGU “BERITA KEPADA KAWAN” DAN “CAMELIA 1” KARYA EBIET G. ADE DITINJAU DARI ASPEK INTERNAL DAN EKSTERNAL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSATKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat masalah mengenai analisis internal dan eksternal pada dua buah lirik lagu karya Ebiet G. Ade yaitu “Berita kepada Kawan” dan “Camelia 1”. Analisis internal meliputi analisis kohesi gramatikal dan leksikal. Analisis eksternal meliputi perjalanan karir, prinsip penafsiran personal, lokasional dan temporal pada lirik lagu. Tujuan penelitian ini adalah: 1) endeskripsikan kohesi gramatikal pada lirik lagu, 2) mendeskripsikan kohesi leksikal pada lirik lagu dan 3) mendeskripsikan prinsip penafsiran pada lirik lagu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian berupa lirik lagu “Berita kepada Kawan” dan “Camelia 1”. Data dalam penelitian ini berupa aspek-aspek internal dan eksternal pada lirik lagu. Teknik analisis data menggunakan teknik seperti yang diungkapkan Mahsun (2007: 86-87) yaitu teknik studi pustaka, simak dan catat. Penelitian ini menghasilkan data bahwa kohesi gramatikal pada lirik “Berita kepada Kawan” dan “Camelia 1” meliputi pengacuan, penyulihan, pelesapan dan perangkaian. Kohesi gramatikal paling banyak berupa pengacuan persona. “Berita kepada Kawan” terdapat delapan macam pengacuan persona, yaitu aku, -ku, ku-, engkau, kau, -mu dan dia. “Camelia 1” terdapat lima macam pengacuan persona yaitu -ku, engkau, kau, -mu dan dia. Bentuk penyulihan terjadi pada kata diam dengan bisu dan kata datang dengan hadir. Pelesapan digunakan sebagai pemadatan kata. Pada lirik lagu “Berita kepada Kawan” prinsip penafsiran persona meliputi partisipan pertama adalah Ebiet, ditandai dengan aku, -ku dan ku-. Partisipan kedua yaitu sahabat ditandai dengan engkau dan kau. Partisipan ketiga dinyatakan dengan dia. Prinsip penafsiran lokasional ditafsirkan berada di sebuah pedesaan. Prinsip penafsiran temporal ditafsirkan terjadi pada tahun 1982. Pada lirik lagu “Camelia 1” nsip penafsiran persona meliputi Ebiet sebagai partisipan pertama dinyatakan dengan -ku. Partisipan kedua yaitu Camelia. Prinsip penafsiran lokasional ditafsirkan berada di pedesaan. Prinsip penafsiran temporal ditafsirkan terjadi pada tahun 1979.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A310/2011 - 57
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: aspek internal, aspek eksternal, lirik lagu
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2011 09:40
Last Modified: 10 Jan 2012 07:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15551

Actions (login required)

View Item View Item