ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP DIFERENSIASI PRODUK EXTRA JOSS ACTIVE RASA KRIM SODA (Survey Konsumen di Kabupaten Klaten)

SULISTIYANTO, DEDY (2011) ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP DIFERENSIASI PRODUK EXTRA JOSS ACTIVE RASA KRIM SODA (Survey Konsumen di Kabupaten Klaten). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (106kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (205kB)

Abstract

Sebagai merek pionir dan market leader dalam kategori minuman energi non cair tentunya akan menguntungkan manajemen Extra Joss, karena konsumen sudah lebih dulu mengingat merek tersebut untuk jangka waktu yang cukup lama sebelum munculnya pendatang baru di industri minuman suplemen ini sehingga tidak memunculkan ancaman tersendiri bagi Extra Joss. Strategi diferensiasi yang dilakukan oleh PT. Bintang Toedjoe meliputi diferensiasi dalam hal konten, konteks dan infrastruktur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi konsumen terhadap diferensiasi Extra Joss Active rasa krim soda dengan berbagai kriteria yaitu konten (what to offer), konteks (how to offer) dan infrastruktur (enabler). Penelitian ini menggunakan metode survey dengan kuesioner sebagai pengumpulan data primernya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen produk Extra Joss baik pria maupun wanita yang pernah mengkonsumsi produk Extra Joss, yang sedang berada di Kabupaten Klaten. Sampel dari penelitian ini adalah sebagian konsumen Extra Joss yang berusia 17- 50 tahun, baik pria maupun wanita yang pernah mengkonsumsi Extra Joss Active rasa krim soda, yang sedang berada di Kabupaten Klaten yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik uji validitas dan uji reliabilitas digunakan untuk menguji kualitas data dari hasil pengumpulan data. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan tabel distribusi frekuensi. Hasil penelitian memperoleh hasil sebagai berikut : (1) Tanggapan responden tentang atribut rasa menjawab sangat setuju (45%). Artinya Extra Joss Rasa Krim Soda di mata responden memiliki rasa yang cukup enak untuk dikonsumsi. (2) Tanggapan responden tentang atribut harga menjawab sangat setuju (41%). Artinya Extra Joss Rasa Krim Soda di mata responden memiliki harga yang terjangkau. (3) Tanggapan responden tentang atribut promosi menjawab setuju (37%). Artinya Extra Joss Rasa Krim Soda di mata responden sudah melakukan promosi dengan baik. (4) Tanggapan responden tentang atribut kemasan menjawab sangat setuju (41%). Artinya Extra Joss Rasa Krim Soda di mata responden memiliki kemasan yang baik dan menarik. (5) Tanggapan responden tentang atribut ketersediaan menjawab sangat setuju (37%). Artinya Extra Joss Rasa Krim Soda di mata responden mudah untuk didapatkan di warung-warung dan toko-toko terdekat. (6) Rata-rata tanggapan responden terhadap atribut produk Extra Joss dengan rata-rata sebesar 3,98 termasuk kategori setuju. Atribut kontan (rasa dan harga), konteks (cara promosi dan kemasan) serta atribut infrastruktur (ketersediaan produk) dipertimbangkan oleh konsumen sebelum memutuskan untuk membeli produk tersebut. Artinya secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut rasa, harga, promosi, kemasan, dan ketersediaan ditanggapi positif oleh konsumen. Artinya program bauran pemasaran (marketing mix) yang dilakukan oleh perusahaan sudah berhasil.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi konsumen, diferensiasi produk extra joss active rasa krim soda.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Aug 2011 08:59
Last Modified: 19 Aug 2011 08:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14177

Actions (login required)

View Item View Item