PENGARUH MOTIVASI, KOMITMEN ORGANISASI, DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PT. ANUGERAH TERANG ABADI GASINDO

Budhiharjo, Himawan (2011) PENGARUH MOTIVASI, KOMITMEN ORGANISASI, DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PT. ANUGERAH TERANG ABADI GASINDO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan_Himawan.pdf

Download (311kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1_Himawan.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2_Himawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3_Himawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4_Himawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5_Himawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_Himawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh variabel motivasi, komitmen organisasi dan gaya kepemimpinan mempunyai pengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan karyawan PT. ATAG di Sukoharjo dan mengetahui variabel apakah yang paling dominan dalam kepuasan kerja. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2), serta menggunakan uji asumsi klasik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. ATAG di Sukoharjo. Untuk jumlah sampel adalah 98 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sensus. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa variabel motivasi (X1) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, karena nilai thitung > ttabel (7,525 > 1,986). Variabel komitmen organisasi (X2) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, karena nilai thitung > ttabel (2,106 > 1,986. Variabel gaya kepemimpinan (X3) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, karena nilai thitung > ttabel (3,281 > 1,986). Hasil perhitungan secara serentak diperoleh Fhitung > Ftabel = 34,274 > 2,68; sehingga variabel motivasi, komitmen organisasi dan gaya kepemimpinan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasans kerja. Variabel motivasi (X1) adalah variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap produktivitas kerja, karena variabel upah mempunyai koefisien regresi yang lebih besar dibandingkan dengan variabel-variabel yang lain, yaitu sebesar 0,574. Besarnya koefisien determinasi (R2) adalah 0,723; hal ini berarti menjelaskan bahwa variasi perubahan variabel kepuasan kerja dapat dijelaskan oleh variabel motivasi, komitmen organisasi dan gaya kepemimpinan sebesar 72,3%, sedangkan sisanya sebesar 27,7% dapat dijelaskan oleh variabel yang lain di luar model yang tidak ikut terobservasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi, komitmen organisasi, gaya kepemimpinan, kepuasan kerja karyawan .
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Aug 2011 06:36
Last Modified: 19 Nov 2019 03:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14153

Actions (login required)

View Item View Item